Laporan : Dhani/Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Pembuat STNK palsu yang telah menjalankan operasinya sejak 2016, akhirnya meringkuk bibalik terali besi di Polres Cianjur. Hal tersebut diketahui saat Polres Cianjur menggelar Konferensi tentang pengungkapan dua kasus berbeda. Konpers tersebut digelar di halaman Mapolres Cianjur dan dipimpin langsung Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto S.I.K., S.H. M.Hum, Kamis (05/03).

Adapun salah satu kasusnya yaitu terkait pengungkapan kasus pemalsuan STNK, yang sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu.

Pada pelaksanan Konfrensi Pers tersebut, Kapolres Cianjur didampingi Wakapolres Kompol Hilman Muslim, Kasat Reskrim AKP Niki Ramdhany, Paur Humas dan Personil Polres Cianjur lainnya.

Dalam paparannya Kapolres Cianjur mengatakan, pihaknya telah berhasil meringkus pelaku tindak pidana pembuatan dokumen STNK palsu.

” Perbuatan ini jelas melanggar Pasal 263 KUHP ayat 2, dengan tersangka berinisial IS, CM, AL, AJ, AA, AS dan BM,” paparnya.

Lanjut Kapolres Cianjur, barang bukti (BB) yang berhasil diamankan 12 lembar Surat PKB/BBNKB dan SWDKLLJ kendaraan R4 palsu. Empat lembar STNK R4 palsu. 19 plastik penyimpanan STNK, satu buah pensil, satu unit kendaraan R4 merk Toyota Avanza. Satu unit kendaraan R4 Daihatsu Xenia. Satu unit kendaraan Daihatsu Ayla. Tujuh lembar kertas plastic hologram dan satu buah Laptop berikut printernya.

“Tersangka ini memulai kejahatannya itu sejak tahun 2016, dengan memulai untuk pemalsuan STNK palsu dan juga pajak palsu, berdasarkan keterangan tersangka sudah lebih dari 100 STNK palsu yang dibuat. Tapi dari hasil penggerebekan, kami berhasil mengamankan sembilan STNK palsu, yang ada terus ada notif pajaknya 23, para pelaku ini akan kita jerat dengan pasal 263 KUHP yang mana hukuman minimal 7 tahun penjara,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here