Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Dua pembangunan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) di Kampung Cipeuteuy RW 07 Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi Cianjur, pembangunanya dihentikan. Padahal pembangunan IPAL yang dikerjakan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), kurang lebih sudah berjalan selama 3 bulan. Karuan saja, dihentikan pembangunan IPAL tersebut disesalkan  banyak pihak.

Informasi yang dapat dihimpun di lapangan, Desa Kertasari mendapat program bantuan Pembangunan IPAL sebanyak 6 titik lokasi. 1 titik diantaranya pembangunan IPAL besar dan 5 titik lainnya pembangunan IPAL ukuran kecil.

Dua titik lokasi pembangunan IPAL ukuran kecil yang berlokasi di Kampung Cipeuteuy RT 01 dan 02/07 Desa Kertasari. Kurang lebih selama 3 bulan ditinggalkan pengembang dan pekerjaannya tidak diteruskan alias mangrak.

Tentu saja hal tersebut, disesalkan warga. Karena selain banyak warga yang terperosok juga banyak hewan ternak mati akibat tercebur ke kubangan air yang akan dijadikan bangunan IPAL.

Dua hari lalu pihak KSM Desa Kertasari sempat datang ke Cipeuteuy. Mereka berjanji, Sabtu depan akan meruskan pembangunan IPAL yang mangkrang sudah cukup lama. Namun janji KSM tersebut belum bisa dipercaya masyarakat. Karena takut gagal lagi seperti janji yang pernah diucapkan sebelumnya.

Maka dengan adanya itu, masyarakat mohon pada pihak Pemerintah Desa Kertasari, Kecamatan maupun Pemkab Cianjur, agar pembangunan IPAL tersebut segera dilanjutkan. “ Dibangun kembali sampai selesai sesuai harapan semua pihak,” ucap Asep Saepurohman Ketua RW 07.

Sementara itu, Ketua KSM Desa Kertasari Agus Sujana saat ditemui di rumahnya, Kamis (15/02) menerangkan, masalah 2 titik lokasi pembangunan IPAL Kecil yang di Kampung Cipeuteuy RW 07,  dihentikan karena faktor alam, cuaca kurang mendukung. Semua kejadian itu, pihaknya telah melaporkannya pada pihak PUPR Cianjur.

Kalau mengenai biaya untuk pembangunan, itu seluruhnya masih ada direkening  atas nama KSM. “ Kalau cuaca mendukung maka pada sabtu mendatang akan meneruskan kembali pembangunan IPAL yang ada di Kampung Cipeuteuy,” kilah Agus Sujana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here