Pengaspalan dan hotmik jalan di Puncak Manis sepanjang 450 meter dengan lebar 2,5 meter yang dilaksanakan Desa Sukaman

Laporan : Badri/Yusuf

Sukabumi, metropuncaknews.com – Untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam setiap pembangunan di desa, Kepala Desa Sukamanah Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, E. Kusnadi, punya trik sendiri yang cukup jitu. Yaitu, melibatkan langsung warganya dalam setiap pembangunan yang ada di desanya.

Maka dengan dilibatkannya masyarakat dalam setiap pembangunan, selain tak akan menimbulkan prasangka buruk, juga secara tidak langsung masyarakat akan menjaga dan merawat hasil pembangunan tersebut.

Seperti pada proyek pengaspalan dan hotmik jalan di Puncak Manis sepanjang 450 meter dengan lebar 2,5 meter. Pengerjaannya selain melibatkan tenaga ahli, juga warga setempat dilibatkan.

Demikian juga pada pembangunan jalan lingkungan di Kedusunan Pojok sepanjang 1000 meter yang didanai dari Dana Desa (DD) tahap dua Tahun Anggaran 2018. Selain itu juga pada pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) Kantor Desa Sukamanah yang didanai dari Bantuan Provinsi (Banprop). Masayarakat setempat selalu dilibatkan dalam pembangunannya tersebut.

Kusnadi saat ditemui di kantornya mengatakan, setiap kegiatan baik pembangunan pisik maupun non pisik, pihaknya selalu melibatkan masyarakat. Bahkan sebelum kegiatan dilaksanakan, pihaknya selalu mengadakan musyawarah dengan tokoh masyarakat.

“ Karena keterbukaan dan kebersamaan merupakan modal utama kesuksesan. Sehingga hasilnyapun akan dapat dirasakan masyarakat secara maksimal,” jelas Kusnadi.

Lebih lanjut Kusnadi mengatakan, dari tahun yang lalu sampai saat ini banyak pembangunan yang telah diselesaikan dengan hasil yang dapat dirasakan mlangsung masyarakat.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan pengerjaan pembangunan, pihaknya membentuk Tim Pelaksana Kegiatan (TPK). Didalamnya terdiri dari unsur Badan Pemberdayaan Desa (BPD), tokoh masyarakat dan aparat desa di tingkat ke RW an.  Selain itu, juga dibentuk kelompok masyarakat (Pokmas) yang terdiri dari pengurus RW dan tokoh masyarakat.

“ Maka dengan adanya peran TPK dan Pokmas, pembangunan di desa kami berjalan lancar sesuai harapan semua pihak,” ujarnya.

Salah seorang warga setempat yang mengaku bernama Danu (35) mengatakan,  pembangunan di Desa Sukamanah sekarang lebih pesat. Sehingga perekonomian pun lebih maju. Hal itu dirasakan warga Desa Sukamanah. Danu juga menyebutkan, Pak Kades Kusnadi sangat familiar. “ Sehingga masyarakat sangat merespon kebijakan yang dikeluarkan Pak Kades dan selalu mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa untuk kemajuan warga Desa Sukamanah,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here