Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – PembagianBantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau yang kini disebut Bansos Sembako, berupa beras dan minyak goreng untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) warga Desa Kemang Kecamatan Bojongpicung Cianjur,  dijadikan ajang kampanye salah seorang Calon Kades Kemang Nomor Urut 5, Minggu (02/02). Bansos Sembako tersebut dibagikan pada 320 orang KPM. Hanya pada kemasan plastik minyak goreng ditempeli stiker salah seorang Calon Kades Kemang No. Urut 5. Selain itu, yang membagikan bantuan tersebut pada penerima bantuan mengatakan, tolong jangan lupa nanti coblos No. 5.

Tentu saja hal tersebut membuat heboh, para relawan dan tim sukses dari calon Kades Kemang lainnya serta warga sekitar. Karena selain melanggar aturan yang berlaku juga merugikan 4 orang Calon Kades lainnya.

Salah seorang KPM Desa Kemang  Wn (35) menjelaskan, pihaknya menerima minyak goreng dalam kemasan plastik yang ditempel Stiker foto Calon Kades No. 05. Bantuan tersebut diterima saat ngantri penerimaan beras BPNT di E_warung  milik warga Desa Kemang.

“ Tidak cukup hanya menerima minyak goreng saja, tapi si pemberi minyak mengingatkan penerima bantuan agar pelaksanaan Pilkades nanti Coblos No. 05,” Nanti jangan lupa ya, coblos No. 5,”ucap WN menirukan ucapan pemberi minyak goreng.

Sementara itu, Pjs Kepala Desa Kemang, Wawan (50) mengatakan, memang benar adanya bahwa saat pencairan pertama BPNT Desa Kemang, pada Minggu 02/02, ada pembagian minyak goreng yang ditempel stiker foto salah seorang Calon Kades N0 5.

Hal itu diketahui pada Senin (03/02). Hingga saat itu pula pihaknya di dampingi Bhabinmas, Bhabinsa dan Pendamping BPNT Kecamatan Bojongpicung, mendatangi pemilik E_Warung. Sekaligus  melarang untuk melakukan hal yang sama.  Karena hal itu tergolong pelanggaran Pilkades dan merugikan Calon Kades lainnya.

Selain itu, ia menambahkan, minyak goreng yang ditempeli stiker foto Calon Kades No. 5 itu, bukan minyak goreng orderan E_Warung. Melainkan mutlak milik Calon Kades No. 5. “ Hanya calon Kades No 5 itu memanfaatkan momen dan melakukan kerjasama dengan pemilik E_Warung yang nota bene saudaranya Calon Kades No 5, jelasnya, Selasa (04/02).

Dilain pihak, tokoh masyarakat Desa Kemang, Yayan (54) menjelaskan, pembagian beras dan minyak goreng yang dibaluti kampanye untuk kemenangan Calon No. Urut 5, itu benar membuat heboh warga Desa Kemang. Bahkan membuat berang para relawan dan  Calon Kades lainnya.

Maka dengan adanya itu, pihaknya meminta pada pihak Panitia Pilkades, BPD dan Pjs Kepala Desa Kemang, supaya segera mengambil tindakan yang tegas terhadap Calon Kades Nomor Urut 5 dan pemilik e_warung. “ Karena hal itu jelas merupakan pelanggaran dan harus ditindak oleh pihak yang berwenang dalam hal ini pertama oleh Panitia Pilkades dan pihak-pihak terkait lainnya,” ujar Yayan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here