Pelebaran jalan di Naringgul Cidaun

Laporan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Masyarakat beserta para pengguna jalan menyambut baik pelebaraan jalan Nasional Bandung – Cianjur. Tepatnya di Naringgul – Cidaun KM 226 + 400 dan KM 226+786, Tanjakan Mala Kampung Cibodas Naringgul Cianjur, Jawa Barat.

Untuk pelebaran jalan tersebut rencananya akan memangkas (membongkar) tebing setinggi kurang lebih 20 Meter. Pasalnya di lokasi tersebut dihimpit tanjakan Mala.

Sepanjang 350 Meter, jalan yang masuk jalur  nasional, rencananya akan diperlebar yang pengerjaannya dikerjakan oleh PT. Bahana Krida Nusantara. Sementara Konsultan Pengawasnya dari PT. Kwarsa Hexsagon, dengan Anggaran  dari APBN tahun 2018 Pemerintah Pusat Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

Salah seorang pengguna jalan, Solihin (40) mngaku merasa senang sekali jalan tanjakan Mala di perlebar. Sehingga ketiga bersimpangan tidak harus mundur.

” Ya, kalau jalannya diperlebar, enggak akan macet lagi ketika ada mobil dari arah berlawanan, akibat jalan sempit jadi wajar kalau sering macet, belum lagi dengan sering terjadinya longsor dimusim hujan, dampak tebingnya terlalu dekat dengan bahu jalan, sehingga material longsor sering menutupi bahu jalan,” ungkap Solihin pada awak media, Senin (8/10).

Kalau tebing ini dipugar, masih kata Solihin, otomatis jalannya juga akan lebar. Sehingga tidak akan terjadi lagi kemacaetan apa bila ada kendaran dari arah berlawanan  (berpapasan).

Ditemui disekitar lokasi, Dedang (35), warga setempat, mengucapkan terima kasih pada pihak terkait yang sudah mengelontorkan anggaran untuk pelebaran jalan.

” Kami bersama warga lainya mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat, yang sudah menggelontorkan dana untuk pelebaran jalan nasional yang menghubungkan Bandung-Cianjur di Naringgul-Cidaun, yang semula kondisi jalannya sempit karena terhempit tebing kini akan diperlebar,” kata Dedang.

 

Dirinya juga mengucapkan terima kasih pada pihak kontraktor proyek tersebut, yang sudah mempekerjakan warga setempat. Sehinga warga disekitaran proyek memiliki pekerjaan.

Sementara Yovi P dari pihak PT. Bahana Krida Nusantara, sebagai General Superintendent (GS), yang melaksanakan pengerjaan proyek tersebut kepada awak media, Senin (8/10) kemarin mengatakan, rencananya tebing yang ketingianya sekitar kurang lebih 20 meter akan dikupas untuk memperlebar jalan Nasional.

” Rencananya kami dengan tim, akan mengerjakan pengerjaan pelebaran jalan Nasional di kilometer 226+400 Sampai dengan Km 226+786, dengan mengupas tebing yang tingginya bervariatip bahkan ada yang tingginya mencapai 20 meter. Ada pun waktu pengerjaan 105 hari kerja,” ucap Yovi.

Masih dikatakan Yovi, selama dilapangan warga setempat turut mendukung terkait pengerjaan pelebaran jalan Nasional ini. Kedepannya dinding tebing yang tingginya mencapai 20 Meter, akan dipasang jaring kawat pengamanan. “ Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya longsoran material tebing,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here