Pelatihan Psychological First Aid

Laporan : Yatiman

Bandun, metropuncaknews.com – Upaya Polri dalam meningkatkan bantuan psikologi terhadap korban bencana alam ditunjukan Polda Jabar dengan menggandeng Himpsi Jawa Barat melalui pelatihan  Psychological First Aid. Kegiatan tersebut diikuti 100 orang anggota Polda Jabar, Jumat (01/03).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, SIK mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan selama dua hari. Yaitu tanggal 28 Februari 2019 s.d 1 Maret 2019. Kegiatannya dilaksanakan di Aula Muryono Polda Jabar dan dibuka oleh Karo SDM Polda Jabar Kombes. Pol. Bariza Sulfi didampingi oleh Kabag Psikologi Biro SDM Polda Jabar AKBP. Heri Fatnanta ,S.Psi,Psi, dengan narasumber dari pelatihan yaitu Angga M. Ridwan, S.Psi.

Dalam sambutannya Karo SDM Polda Jabar, Kombes Pol.Bariza Sulfi mengimbau seluruh peserta  pelatihan agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini. Sehingga  keterampilan dan kemampuan  para peserta dapat diaplikasikan dengan baik untuk membantu Program Sumber Daya Manusia Reaksi Cepat. Sebagai contoh, psikologi untuk melaksanakan konseling terhadap korban yang terdampak bencana alam.

Selanjutnya Kabid Humas Polda Jabar menjelaskan, maksud diadakannya pelatihan ini untuk  menggalang proses negosiasi kepada masyarakat melalui peningkatan kemampuan Psychological First Aid sebagai pelayanan dan pendampingan psikososial dan kesehatan mental pada penanganan keadaan krisis dan bencana alam, kecelakaan, dan juga  kebakaran. Sehingga siap untuk melakukan pelayanan trauma healing pada  masyarakat yang terkena dampak musibah bencana alam dan konflik sosial. 

Adapun tujuan diberikan pelatihan Psychological First Aid, agar tercipta anggota kepolisian mempunyai kompetensi untuk melakukan tanggap darurat dan memahami peran dan tugasnya ketika diamanatkan untuk melakukan pendampingan pada korban yang terkena dampak bencana alam. Baik dari keluarga Polri atau dari masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here