Petugas kepolisian dari Polres Cianjur dan Polsek Ciranjang melakukan penjagaan demi kelancaran kebaktian umat kristiani

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Seluruh umat Nasrani yang merayakam Natal tahun 2018, di 12 gereja yang ada di Desa Sindangjaya, Kertajaya, Sindangsari dan Desa Cirnjang, Kecamatan Ciranjang, dapat melaksanakan kebaktiannya pada malam Natal dengan hidmat, tertib, aman dan lancar.

Seperti halnya, pelaksanaan kebaktian dan perayaan Natal di Gereja Kristen Pasundan (GKP) Sindangjaya Kp. Pasir Nangka RT 02 /05 Desa Sindangjaya, dengan jumlah jemaat sebanyak  200 orang.

Selain itu, pelaksanaan kebaktian dan perayaan Natal di Gereja GKBI Kampung Rawaselang, Desa Sindangjaya dengan jumlah jemaat yang hadir sebanyak 500 orang. Mereka dapat melaksanakan misa dengan hidmat, tertib aman dan lancar.

Perwira Pengendali (Padal) Pos Pam XI Ciranjang Iptu Edi Dadang menjelaskan, jumlah gereja yang ada  di Kecamatan Ciranjang seluruhnya ada 14 gereja. Sedangkan yang melaksanakan kegiatan kebaktian dan perayaan  Natal sebanyak 12, gereja dan 2 gereja tidak  melaksanakan Natal. Yaitu Gereja Pos Kerasulan Pusaka, yang berlokasi di Kampung Jati Nungal, Desa Sindnagjaya dan  gereja  Pos Kerasulan Pusaka, Kampung Seuseupan Desa Sindangsari.

Seluruh gereja yang dijadikan tempat kebaktiam dan perayaan Natal, itu dijaga ketat anggota kepolian dari Polres Cianjur  dan anggota kepolisian Polsek Ciaranjang. Tiap gereja ditugaskan 2 orang angota kepolisian di bawah kendali  Perwira Pengendali (Padal) Pam gereja, Ipda Kurnadi.

“ Kami merasa beryukur, karena pelaksanaan perayaan Natal 2018 terlaksana dengan hidmat, aman dan lancar,” ucap Edi Dadang.

Dilain pihak, salah seorang tokoh pemuda juga sebagai jemaat Gereja Kristen Pasundan (GKP) Sindang jaya, Heri Susanto menambahkan, setiap tahunnya pelaksanaan kebaktian, perayaan Natal bisa dikatakan hidmat, aman dan lancar. Karena tiap gereja selalu dibantu, dijaga 2 orang anggita kepolisian dari Polres Cianjur dan Polsek Ciranjang serta 2 orang anggota TNI dari Kodim Cianjur dan Koramil Ciranjang.

Tidak hanya itu saja, 2 orang anggota Linmas dari tiap desa dan ditambah 2 orang pemuda gereja, tiap gerja 2 orang ikut larut menjaga ketertiban dan keamanan pelaksanaan perayaan dan kebaktian Natal 2018.

“ Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih pada jajaran Kepolisian, TNI, Linmas dan para pemuda gereja yang telah ikut andil menjaga keamanan di 12 geraja yang sedang melaksanakan Natal, semoga dalam pelaksanaan pergantian tahun 2018/2019 nanti akan  terlaksana dengan  sukses, aman dan lancar,” ucap Heri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here