Laporan : Sam Apip/Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Setelah terjadi bencana alam puting beliung yang merobohkan puluhan bangunan rumah dan bangunan milik umum lainnya, di Kampung Cirenda dan Kampung Leuwih Pinggir Desa Cihea Kecamatan Haurwngi Cianjur, Kamis (16/01) petang hari. Warga membereskan rumahnya masing-masing.

Seluruh warga yang rumahnya ambruk, Jumat (17/01), langsung membereskan puing material bangunan rumah yang ambruk . Bahkan  tidak sedikit yang langsung memperbaikinya. Utamanya yang rumahnya tergolong rusak ringan.

Kaur Ekbang Desa Cihea Agus Saepulloh menjelaskan, setelah selesai melakukan pendataan rumah yang terkena musibah puting beliung, pihaknya bersama Pjs Kepala Desa, BPD, Binmas Binsa Desa Cihea, langsung membuat laporan ke Pemkab Cianjur dan ke Muspika Haurwngi.

Setelah didata dipersiapkan pada warga untuk membereskan puing material bangunan yang ambruk. Khusus bagi warga yang rumahnya tergolong rusak ringan langsung saja diperbaiki dan bangunan milik umum yang rusak, seperti Madrasyah Ibtida Iyah (MI), Saung Sawala, bangunan tempat Jiarah ke makam Eyang Jiwa itu untuk sementara materialnya yang berserakan  hanya diberesan saja dengan cara gotong royong.

“ Kami berharap pada pihak dinas instansi mohon segera menurunkan bantuan, karena banyak warga yang rumahnya ambruk untuk sementara diungsingkan ke rumah milik tetangganya,” ucap Agus.

Sementara itu, Camat Haurwangi Iwan Karyadi mengatakan, pihaknya mengetahui terjadinya bencana alam puting beliung yang memporak poradkan puluhan rumah milik warga Desa Cihea, itu adanya laporan dari pihak desa setempat.

Setelah melihat ke lokasi kejadian, maka pihaknya langsung membuat laporan pada Pemkab Cianjur. Khusnya pada BPBD Cianjur,  melalui  WhatsApp dan seterusnya melaporkan melalui surat secara resmi.

Adanya itu, pihaknya ikut prihatin dan iba. Semoga seluruh warga yang terkena dampak bencana alam, sabar, tawakal, besar hati dan semoga Allah Swt cepat memberikan solusi seluruh harta benda yang hancur, diganti  lebih besar. “ Juga semoga bantuan dari berbagai pihak cepat turun,” harap Iwan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here