Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Rapid Test massal kembali dilakukan Pemerintah Kabupaten Cianjur, Senin, (18/05). Kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan di Pasar Induk Cianjur.

Alasan kenapa dilaksanakan di area Pasar Induk, lantaran banyak masyarakat yang berburu persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441.H.

Rapid Test dilakukan tidak hanya pada pengunjung pasar saja. Tapi juga dilakukan kepada para pedagang. Selain itu, ada juga warga yang sengaja datang untuk mengikutinya.

Pelaksanaan Rapid Test ini dilaksanakan guna melakukan pemantauan pada masyarakat. Sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Frida Laila Yahya, MKM mengatakan, sebelumnya Rapid Test massal ini dilakukan di kawasan Bojongmeron pada hari Minggu (17/05) kemarin.

Rapid Test di Bojongmeron dilakukan terhadap 38 orang. Hasilnya negatif. Saat ini di Pasar Induk Pasirhayam juga melakukan Rapid Test dan hasilnya 25 orang negatif juga.

“ Tidak hanya disini saja, nanti juga akan dilaksanakan di pasar-pasar serta pusat keramaian lainnya di Cianjur,” kata dr Frida.

Lanjut dr Frida, sebelum Rapid Test dilakukan pada pengunjung atau pedagang di Pasar Induk, terlebih dahulu dilakukan screening dengan menggunakan thermo gun. Setelah itu barulah dilakukan Rapid Test.

“ Jadi Rapid Test ini hanya dilakukan pada pengunjung atau pedagang yang suhu tubuhnya diatas 37.5 derajat celcius. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona,” terangnya.

Frida juga mengatakan, selain pengunjung dan pedagang, tidak sedikit warga yang datang dengan keluhan dan kekhawatiran yang dirasakan selama musim pandemi Covid-19 ini.

“ Untuk mengetahui hasil Rapid Test, 15 menit juga sudah ketahuan hasilnya,” terang Frida.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here