Sosialisasi masalah kampanye dan Pemilu 2019 yang digelar Panwascam Sukaresmi

Laporan : Shandi 

Cipanas, metropuncaknews.com –  Dalam rangka pengawasan masa kampanye Pemilu 2019 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, menggelar sosialisasi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rabu (17/10)

Sebanyak kurang lebih 50 orang diikut sertakan dalam kegiatan sosialisasi itu. Diantaranya sebelas Ketua PPS, tiga anggota PPK, perwakilan dari PGRI, Himpaudi, satu Kwaran termasuk Ketua BPD, tokoh penggiat, tokoh masyarakat, siswa-siswi dari beberapa sekolah, dan PPL.

Ketua Panwaslu Kecamatan Sukaresmi Dedi Ambar mengatakan, sosialisasi yang digelar saat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti, PNS, PGRI, Himpaudi, Ketua BPD, dan OSIS.

” Ya, kami hanya memberikan masukan untuk larangan kampanye, diantaranya pembahasan mengenai lokasi kampanye (tempat), dan Alat Peraga Kampanye (APK),” ujarnya.

Dedi menegaskan, jika nantinya ada pelanggaran yang masih terjadi, pihak Panwaslu Kecamatan Sukaresmi akan menindak tegas pelaku pelanggaran tersebut’.

” Ini semata-mata pencegahan dulu,  kalau pun memang terbukti adanya pelanggaran, maka akan kami tindak,” ungkapnya.

Dalam hal tata tertib penindakan, jika memang benar ada temuan pelanggaran di lapangan, maka pihaknya akan segera mengevaluasi atau melakukan rapat pleno terlebih dahulu. Apakah itu pelanggaran kode etik, pidana pemilu, atau pidana umum.

” Kalau diindikasikan adanya pelanggaran, kita akan lakukan pemanggilan atau klarifikasi terlebih dahulu. Dan jika penggalarannya jenis administrasi dan etik, maka akan kami tindak. Tetapi jika tindak pidana pemilu, maka akan kami arahkan langsung ke pihak kabupaten, sesuai ranahnya saja,” terang Dedi.

Selanjutnya Dedi berharap, dengan adanya sosialisasi ini, baik peserta pemilu, ataupun para simpatisan, tidak melakukan pelanggaran semasa kampanye nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here