Peserta Bimtek di Dapil 3 Cianjur

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Jajaran pengurus Panitia  Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Ciranjang, Bojongpicung dan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, melaksanakan Bimtek Pengawas TPS secara serentak, Kamis (11/04) 

Menurut informasi, dilaksankannya Bimtek teraebut, supaya seluruh pengawas TPS mampu melaksanakn tugannya dengan  baik, benar dan penuh rasa tangung jawab atas pekerjaan yang diembannya. 

Ketua Panwaslu Kecamatan Cirajang, Besriyono Sugiharto menjelaskan, pelaksanaan Bimtek  panwas TPS yang sekarang dilaksanakan di gedung SDN Cibogo 2 Ciranjang, itu merupakan Bintek Pengawas TPS yang kedua kalinya yang dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Cianjur. 

Seluruh petugas Panwas TPS yang ada di Kecamatan Ciranjang sebanyak 257 orang. Ada pun materi Bimtek yang disampaikan sekarang, mengenai cara mentranfer data melalui aplikasi. Mengisi format pelaporan kejadian dari setiap TPS masing – masing. 

“ Kami berharap, pelaksanaan Pileg dan Pilpres mendatang, dapat terlaksana dengan baik dan lancar,”ucap Bedriyono. 

Sementara itu Ketua Panwaslu Kecamatan Bojongpicung, Iwa Kartiwa menambahkan, peserta Panwas TPS di Kecamatan Bojongpicung sebanyak 219 orang. Seluruhnya mengikuti Bimtek yang dilaksanakan di Gedung Guru Bojongpicung. Jumlah sebanyak itu  sesuai dengan jumlah TPS dan nantinya, mereka ini akan ditugaskan disetiap TPS. Tiap TPS satu orang pengawas. 

“ Seluruh Pengawas TPS diharapkan akan mampu mengakses data yang telah dicontohkan. Karena data apapun dikirim secara manual dan secara online,” jelas Iwa Kartiwa.

Dilain pihak, Ketua Panwaslu Kecamatan Haurwangi, Asep Malik menjelaskan, jumlah peserta Panwas TPS Kecamatan Haurwangi sebanyak 165 orang. Pelaksanaan Bimteknya di aula Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi.  

Hal itu dilakukan supaya nantinya mampu melaksanakan tugas dengan baik dan benar. Karena selurus Panwas TPS akan bekerja bukan saat pelaksanaannya saja. Tapi sebelum dan sesudah pelaksanan pemilu itu diwajibkan untuk mengawasinya. 

“ Tugas pada pelaksanaan pencoblosan kertas suara di TPS, seluruh Paswas TPS wajib menyetorkan laporan sebanyak tiga kali, sebelum pelaksanaan, sedang pelaksanaan dan melaporkan hasil setelah selesai penghitungan suara di TPS, dengan itu semoga mampu melaksanakan tugasnya sesuai harapan semua pihak,” ucap Asep Malik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here