Laporan : Zenal Mustari

CIANJUR, metropuncaknews.com — Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Campaka Kabupaten Cianjur melakukan pengawasan pada proses verifikasi faktual dukungan Bakal Calon Independen (Bacaden). Pengawasan melekat itu dilakukan petugas Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL), Senin (29/6).

Ketua Panwascam bagian divisi SDM dan Organisasi Deni mengatakan, ada 6-8 (PPL) yang bertugas melakukan proses verifikasi faktual dukungan bakal calon independen .

“ Metode kita adalah pengawasan melekat. Agar nanti tidak terjadi perbedaan antara verifikasi KPU dan Bawaslu,” kata Deni pada wartawan, Senin (29/6).

Menurut Deni, dalam verifikasi faktual tersebut, pihaknya turut mengerahkan staf Panwascam dan PPK. Hal itu dilakukan untuk mencukupi jumlah PPS.

“ Kan satu desa rata-rata enam sampai delapan orang petugas. Maka ditambah dari staf Panwascam, setidaknya dua orang kita fungsikan untuk membantu tugas PPL. Ditambah lagi dari anggota PPK,” kata Deni menjelaskan.

Bukan hanya mengawasi, para PPL juga berkewajiban mencatat hasil dari verifikasi faktual PPS.

“ Misal turun door to door, kita catat berapa orang yang DS dan berapa yang MT. Jadi kita berupaya untuk melakukan sensus juga. Makanya kita membagi tim yang jumlahnya disesuaikan,” terangnya.

Kepada seluruh jajarannya, Deni telah mengintruksikan agar benar-benar teliti dalam mencocokkan E-KTP pendukung.

“ Kami berharap KTP yang mereka sampaikan (para bacaden) ke KPU sebagai calon perseorangan valid, sehingga saat ditemui tim dukungan memang benar adanya,” harapnya.

Deni juga mengingatkan, PKD harus bisa memastikan  Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak melakukan verifikasi faktual diluar jadwal yang sudah ditentukan oleh perundang-undangan.

” Intinya tidak boleh lewat dari 14 (empat belas) hari sejak diserahkannya syarat dukungan dari KPU, juga pada aspek prosedural. Semua kegiatan verifikasi faktual harus sejalan dengan prosedur dan tata cara pelaksanaan yang diatur dalam Undang-undang, PKPU dan petunjuk teknis KPU,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here