Panwas Kab Cianjur saat melakukan sosilisasi pengawasan partisipatif di Dapil III

Liputan : Sam As

Cianjur, metropuncalnews.com – Dalam rangka meningkatan kualitas kinerja pengawasan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat, Panwas Kabupaten Cianjur, menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dengan stakeholder (pemangku jabatan) di setiap Daerah Pemilihan (Dapil),

Seperti pada Senin (25/06), mengelar sosialisasi pengawasan partisipatif dengan seluruh Panwascam yang ada di Dapil III. Yaitu Pawascam Ciranjang, Bojongpicung dan Panwascam Sukaluyu. Acara tersebut dilaksanakan di gedung SDN Cibogo 2, Desa/Kecamatan Ciranjang.

Saat acara digelar, nampak hadir Muspika Ciranjang, para Ketua Panwascam dan ratusan orang Panwas yang hadir dari tiga Kecamatan.

Salah seorang anggota Panwas Kabupaten Cianjur, Fajar Firdaus menjelaskan, pada pelaksanaan sosialisasi pengawasan partisipatif terhadap stakeholder, itu merupakan suatu tahapan kinerja Panwas yang sebelumnya telah dilaksanakan pembinaan-pembinaan lainnya.

Pembinaan pengawasan Partisipatif sekarang, dilaksanakan secara serentak yang dipusatkan di setiap Dapil di Kabupaten Cianjur. Selain itu Fajar  memaparkan, tentang Pemetaan TPS Rawan, Jenis-Jenis Pelanggaran yang mungkin terjadi. Hal itu harus segera diantisipasi dengan serius dan secara propesional.

Seperti halnya, Panwaskab Cianjur, telah menekukan dan memproses 10 orang yang melanggar pelaksanaan Pilgub dan telah memproses 5 orang yang melanggar kesalahan Pilgub. Semua itu berasal laporan dari Pawascam Haurwangi, Karangtengah, Sukaresmi, Campaka Mulya dan Panwascam Cijati.

“ Kepada seluruh anggota Panwas jangan segan untuk bertindak jika menemukan pelanggaran di masing – masing tempat kerjanya, ucap Fajar Firdaus kemarin.

Sementara itu, Camat Ciranjang, juga selaku nara sumber, Saepul Anwar mengatakan, pihaknya membahas tentang komitmen pemerintahan terhadap pelaksanaan Pilgub Jawa Barat. Pelaksanaan Pilgub Jawa Barat yang sebentar lagi akan dilaksanakan, pemerintahan kecamatan sangat berperan aktif dalam kegiatan dan melaksanakannya dengan penuh tasa tanggung jawab.

Karena Pilgub tersebut, merupakan kepentingan umum yang wajib disukseskan semua pihak dan sekaligus mensukseskan undang undang. Karena itu diharapkan kepada seluruh petugas dan anggota Panwascam sampai pengawas TPS, mampu melaksanakan tugasnya sesuai harapan semua pihak juga mampu laku jurdil.

“ Pelaksanaan Pilgub nanti, khususnya di Kecamatan Ciranjang, Sukaluyu dan Bojongpicung,  dapat terlaksana dengan baik, aman, terib dan lancar. Selamat melaksanakan tugas semoga pelaksanaan Pilgub terlaksana dengan sukses,” kata Saepul Anwar.

Dilain pihak, Sekretariat Panwascam Ciranjang, Nandang menjelaskan, pelaksanaan sosialisasi pengawasan partisiparif rencanya akan dihadiri jajaran Panwascam dan Ketua serya anggoya Panwas Kecamatan Haurwangi. Namun entah kenapa, Panwascam Haurwangi membatalkannya. Hingga ingin melaksanakan secara sendiri di kecamatannya dengan waktu setelah selesai sosialisasi di Kecamatan Ciranjang.

“ Sosialisasi pengawasan partisipatif ini dihadiri 120 orang peserta yang datang dari tiga Panwascam Ciranjang, Bojongpicung dan  Sukaluyu. Acara terlaksana dengan dengan tertib, aman dan lancar, semoga dalam melaksanakan tahapan tugas terlaksana dengan baik, sesuai harapan semua pihak,” harap Nandang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here