Warung dan bangunan lainnya berdiri seenaknya, hingga membuat kawasan Pantai Jayanti terlihat kumuh

Laporan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Wilayah Kabupaten Cianjur Selatan sebenarnya memiliki potensi wisata yang cukup menjanjikan. Namun sayang, hinggi kini nampaknya belum ada perhatian serius dari pihak pemerintah mau pun dinas instansi terkait terhadap potensi wisata tersebut. Akibatnya, pesona alam Cianjur Selatan, kerap kali dikeluhkan para pengunjung.

Seperti halnya, obyek wisata Pantai Jayanti Cidaun Cianjur Selatan Jawa Barat. Destinasi wisata ini perlu ditata dengan rapih,  dan segera dibuatkan siee plan yang terintegritas antara Dinas Perikanan dan Dinas Parawisata.  Sebab destinasi wisata tersebut sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Namun pada kenyataannya, kondisi pantainya masih terlihat kumuh. Karena banyaknya bangunan-bagunan liar yang berdiri di bibir pantai. Hal itulah  yang kerap kali dikeluhkan para pengunjung.

Abah Oki (50), wisatawan asal Bandung kepada awak media, Kamis (4/10) menuturkan, dirinya sangat menyayangkan atas ketidak seriusan pemerintah daerah memelihara dan menata destinasi wisata di wilayah Cianjur Selatan.

” Sebagai warga Bandung sangat menyayangkan apabila Pemkab Cianjur, tidak peduli atau melirik untuk menyalurkan anggaran penataan wisata pantai Jayanti. Seumpama bagungan warung-warung liar ditata atau direlokasi ke tempat lain, saya yakin akan lebih bagus, sehingga pesona pesisir pantainya tidak seperti saat ini,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan A. Lili ( 47 ) Ketua Kompepar kawasan wisata Jayanti yang sekaligus musisi di tempat pengelola rumah makan dan hiburan di Pantai Jayanti.

” Jauh sebelumnya, bupati pernah berjanji, akan segera merelokasi dan menata tempat wisata pantai Jayanti, namun sampai saat ini masih belum merealisasikannya, padahal untuk tempat perelokasiannya sudah ada, yakni di Kampung Rancamareme Cipunage Desa Cidamar Cidaun, serta lokasinya juga tidak jauh dari tempat semula, hanya bergeser beberapa meter saja,” kata Lili.

Kalau saja, lokasi wisata Pantai Jayanti ini segera ditata pihak Pemkab Cianjur dan dibuka ruang terbuka hijau di bibir pantai, destinasi wisata Jayanti ini akan lebih indah.

” Atas nama masyarakat, saya berharap, agar pihak Pemkab Cianjur dan Pemprov Jabar khususnya Dinas Parawisata, segera turun kelapangan menatanya, sebagaimana janji bupati saat itu, yang akan menata tempat wisata Pantai Jayanti, tukasnya.

Memang, kalau saja Pantai jayanti ditata lebih baik lagi, tidak menutup kemungkinan pengunjung pun akan lebih betah dan nyaman berada disana. Selain itu secara tidak langsung bisa memberi lapangan pekerjaan bagi masyarakat di kawasan pantai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here