Pantai Ciwidig

Laporan: shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Pantai Ciwidig Cidaun Cianjur Selatan yang berada di kampung Ciwidig, RT. 03 RW. 04, Desa Kertajadi, Cidaun, Cianjur, berpotensi jadi primadona obyek wisata besar di wilayah Cianjur Selatan (Cisel).

Keberadaan rest area yang luasnya mencapai sekitar 1Hektar ini berada diatas tanah Perum Perhutani RPH Cipandak, BKPH Sindangbarang, KPH Cianjur, diyakini akan mampu menunjang kawasan wisata tersebut untuk menarik pengunjung.

Selain itu, dengan adanya pohon-pohon pines diatas lahan parkir yang luasanya mencapai hektaran tersebut, akan menjadikan suasana teduh di pinggir pantai. Terlebih lokasi wisata Ciwidig sangat strategis.

Namun sayang keberadaan lokasi wisata tersebut, hingga saat ini masih belum tersentuh oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur.

Menurut warga setempat, lokasi wisata tersebut, akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur. Hal tersebut, disampaikan langsung  Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar, pada saat kunjungan ke Cidaun, beberapa tahun yang lalu.

Ya, suatu hal yang wajar, jika pembangunan lokasi wisata pantai Ciwidig sudah bertahun-tahun belum terealisasi. Bisa jadi karena lupa sehingga tidak teranggarkan. Karena apa yang dikatakan bupati itu sudah terlalu lama.

Ditemui dilokasi wisata, saat musim libur Idul fitri, Yogi (25) salah seorang dari rombongan wisata asal Bogor, menyayangkan tempat wisata yang setrategis dan layak dikembangkan, tapi tidak ditata dengan baik.

” Kami sengaja datang untuk berkunjung ke pantai selatan, karena menurut info, pantai dan suasana alamnya masih alami. Setibanya disana, ternyata benar berbeda dengan pantai-pantai lainnya, di pantai Ciwidig memiliki rest area diperkebunan pines yang sangat teduh dan terdapat kali yang besar,” Kata Yogi, Minggu (24/6).

Masih dikatakan Yogi, kali Ciwidig yang membentang ke arah laut memiliki potensi besar, seumpama ditata dengan baik. Seperti pengadaan speed booth atau perahu-perahu kecil akan membuat pengunjung semakin betah. “ Ya, beda-beda tipislah sama Green Canyon Pangandaran,” kilahnya.

Sementara Asper perum Perhutani BKPH Sindangbarang M. Aris menjelaskan, terkait dengan tempat obyek wisata pantai Ciwidig yang lokasi rest area serta lahan parkirnya berada dikawasan Tanah PERHUTANI KPH Cianjur. “ Tentunya kami sangat mendukung sekali, apabila ada rekanan baik investor swasta maupun dari Dinas Parawisata yang hendak membangun kawasan wisata ini,” jelasnya.

Adapun upaya yang kami lakukan, masih kata Aris, adalah  merintis wana wisata pantai Ciwidig. Karena berpotensi sangat besar dan diyakini akan menjadi obyek wisata favorit pengunjung. Baik lokal maupun internasional. “ Hanya saja saat ini dengan keterbatasan modal kami belum bisa membangun secara maksimal,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here