Pemilihan Anggota BPD Langensari

Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com  – Panitia Pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Langensari Kecamatan Karangtengah Cianjur, menggelar acara Pemilihan Anggota BPD periode 2019–2025. Kegiatan tersebut digelar di Bale Sawala Sekertariat RW 01 Kampung Dengkeng. Rabu (6/2).
Hadir pada kegiatan tersebut, para tokoh masyarakat Dusun 1, Ketua Panitia beserta anggota dan perwakilan masyarakat dari masing masing RT dan Dusun di Desa Langensari.

Sebelum acara dimulai, Ketua RW 01 H. Ade Bunyamin mewakili Kepala Desa Langensari Komar Budiawan memberikan sambutan mengenai visi dan misi anggota BPD dalam pelaksanaan keberlangsungan roda pemerintahan desa. 
Ade Bunyamin juga mengatakan, anggota BPD sebagai mitra pemerintahan desa. Maka anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat. Seperti yang dilaksanakan pada hari ini.

” BPD merupakan bagian pemerintahan desa yang bertugas sebagai mitra dan pengawasan pelaksanaan pemerintah desa, Siapapun yang terpilih nantinya agar mampu menjadi wakil yang tahu kebutuhan masyarakatnya dan yang paling penting bisa bekerja sesuai tupoksinya,” kata Ade Bunyamin.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara Kegiatan Hilman menjelaskan, tentang mekanisme pemilihan BPD seperti yang tertera dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 110 Tahun 2016 Tentang BPD. Terutama pada pasal 5 sampai 8 yang dalam aturan tersebut disebutkan tentang keterwakilan perempuan untuk menjadi anggota BPD.

” Proses pemilihan dilaksanakan dengan cara aklamasi oleh peserta rapat dengan keterwakilan pemilih dari masing-masing dusun dengan mengambil suara terbanyak, Dusun Rensing Bat dengan 2 orang calon menjadi Dusun paling sedikit penduduknya dengan keterwakilan 1 orang anggota BPD. ” terangnya
Ia melanjutkan, “Dusun 1 Kampung Dengkeng menjadi Dusun paling banyak penduduknya dengan 3 orang calon dengan keterwakilan 1 orang anggota BPD. Sedangkan Dusun 2 merupakan Dusun ke 2 yang memiliki penduduk terbanyak dengan 5 orang calon dengan keanggotaan 2 keterwakilan anggota BPD.
” Adapun pemilihan BPD di Wilayah Desa Langensari akan berlanjut sampai Hari Jumat,” jelas Hilman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here