Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Adanya dugaan pengarahan massa yang dilakukan oknum Koordinator PKH Kecamatan Bojongpicung Cianjur untuk kemenangan salah seorang Calon Kades, jelas akan merugikan Calon Kades lainnya.  Karena itu, Panitia Pilkades, BPD dan Pjs Kades Sukajaya, dimohon untuk segera melakukan tindakan tegas dan menyelesaikan masalah tersebut.

Sebab, jika dibiarkan berlarut tanpa ada tindakan apapun dari pihak yang berwenang, akan menjadi preseden buruk. Bukan saja bagi Desa Sukajaya, tapi juga Pemkab Cianjur. Selain itu juga dikhawatirkan akan mengganggu jalan Pilkades Sukajaya. Untuk itu segera lakukan tindakan tegas agar Pilkades Serentak di Desa Sukajaya dapat terlaksana dengan tertib, lancar dan aman.

Salah seorang pemerhati Pilkades di Kecamatan Bojongpicung mengatakan, seandainya permasalahan itu dibiarkan berlarut-larut, maka dikhawatirkan terjadi hal-hal  yang tidak diinginkan semua pihak. Apalagi pada pelaksanaan Pilkades nanti ternyata Calon Kades yang dibantu oknum PKH itu mendapatkan suara terbanyak, selain kemenangannya itu akan cacat hukum, juga akan jadi masalah,

“ Hal terburuk itu yang harus dipikirkan panitia, maka segera lakukan antisipasi dan selesaikan masalah tersebut secara transparan, karena masyarakat sudah tahu,” ujar Erwin.

Camat Bojongpicung, Ejen Jenal Mutakin mengatakan, permasalahan oknum Koordinator PKH Kecamatan Bojongpicung yang mengarahkan seluruh anggota PKH untuk memilih dan menyoblos Calon Kades tertentu, itu terlalu untuk intervensi terhadap anggota PKH. Seharusnya Koordinator PKH Kecamatan itu bersikap netral tidak memihak pada salah seorang Calon Kades manapun.

Adanya hal tersebut, Camat Bojongpicung telah berkoordinasi dengan pihak Panitia Pilkades, BPD, Pjs Kepala Desa Sukajaya dan dengan pihak Polsek Bojongpicung. Maksudnya untuk meredam situasi dan kondisi di lingkungan Desa Sukajaya. Sekaligus supaya masyarakat tidak terpengaruh berita-beita yang sifatnya provokatif.

Camat berharap, seluruh masyarakat Desa Sukajaya mampu menyikapi hal itu dengan tenang dan kepala dingin. Jangan terpancing dengan adanya hal yang berbau provokatif. Karena hal itu sedang ditangani dengan serius oleh pihak yang berwenang,” ucap Ejen Jenal Mutakin, pada awak media, Rabu (29/1).  

Sementara itu, Kanit Sabara Ipda Sutaryo menambahkan, pihaknya sudah melakukanh monitoring dan imbauan Kamtibmas  pada Panitia, BPD, Pjs Kepala Desa serta pada seluruh Kandidat Calon Kades. Termasuk pada tim sukses, relawan dan pada seluruh masyarakat Desa Sukajaya. Untuk tetap dapat menjaja situasi dan kondisi yang kondusif. Hingga pelaksanaan Pilkades Sukajaya dapat terlaksana sebagaimana harapan semua pihak.

Sutaryo juga mengatakan, hanya itu yang baru pihak Polsek Bojongpicung lakukan. Kalau mengenai memanggil oknum Koordinator PKH Kecamatan dan kandidat Calon Kades, itu terlalu kedalam dan tergolong intervensi. “  Karena hal itu masih dalam ranah pihak Panitia Pilkades, BPD, Pjs Kades Sukajaya dan pihak Panitia Kecamatan juga Panitia Kabupaten Cianjur., kami berharap masalah ini tidak berbuntut panjang juga melebar,” ucap   Sutaryo pada awak media, Rabu (29/01).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here