Laporan : Iriyanto

Cianjur metropuncaknews.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Mekarwangi Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, memasuki tahapan cukup krusial. Yaitu, penetapan Calon Kepala Desa dan pengundian nomor urut Calon Kepala Desa. Untuk itu Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) menggelar rapat pleno terbuka. Acara ini berlangsung di ruangan Kelas SDN Cipeuyeum Tiga (3) Desa Mekarwang, Selasa 21/1/20.

Rapat pleno terbuka dihadiri lima (5) Calon Kepala Desa yang telah lulus test akademik. Selain itu juga dihadiri Pjs Kepala Desa Mekarwangi, Kapolsek Bojongpicung, AKP Aca Nana S. SH, Danramil Bojongpicung Kapten Arm Suhardi, Babinsa, Babinkamtibmas, BPD, LPMD,  Se Desa Mekarwangi, dan prangkat desa lainnya, serta para tokoh masyarakatDesa Mekarwangi pun sangat antusias menghadri acara tersebut.

Ketua Panitia Pilkades Sutarko pada awak media mengatakan, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan damai. Bahkan dari tahapan penjaringan sampai penetapan Calon Kades serta pengundian nomor urut semua terlaksana dengan tertib, lancar dan aman.

Berdasarkan hasil undian nomor urut, lanjut Sutarko, No.1 Haris Apandi, No.2 H. Asep Abdul Rojak, No. 3 Cecep Surahman, No. 4. Asep Sopyan Iskandar dan No. 5. Faisal Firmansyah.

Sutarko mengajak seluruh warga Desa Mekarwangi untuk melaksanakan pesta demokrasi ini dengan sebaik mungkin dengan penuh rasa tanggung jawab. Sehingga bisa menghasilkan pemimpin yang baik dan amanah sesuai dengan harapan masyarakat.

Hal senada diungkapkan Kapolsek Bojongpicung AKP Aca Nana S. SH. Kapolsek juga berharap, tahap demi tahapan Pilkades dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. ” Kami berharap tahapan demi tahapan hingga dapat berjalan dengan baik agar dapat menghasilkan pemimpin yang baik, amanah dan mau bekerja keras demi kemajuan Desa Mekarwangi,” kata Kapolsek.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan, pengundian nomor urut calon Kepala Desa dilakukan secara jujur dan adil dengan disaksikan tim sukses para calon, serta masyarakat Desa Mekarwangi. Para calon yang mendapat nomor urut juga telah mengucapkan ikrar damai dan tanggung jawab sebagai calon Kepala Desa. Bersedia mengikuti tahapan pilkades dengan baik, jujur dan penuh tanggungjawab. Berperan aktif menjaga kamtibmas, mampu mengendalikan massa pendukungnya untuk tidak melakukan provokasi dan tindakan anarkis. Tertib memenuhi aturan berkampanye, dan apapun hasil Pilkades siap menang dan kalah dengan semangat kompetisi dan demokrasi dalam pilkades. Kemudian memberi kebebasan pada warga untuk memilih sesuai dengan hati nurani masing-masing.

Sementara itu, Camat Haurwangi Iwan Karyadi, meminta kepada masyarakat untuk tetap damai dan tenteram dalam mengikuti Pilkades Serentak di Kabupaten Cianjur. Khususnya di Desa Mekarwangi yang akan digelar pada Februari mendatang.

“ Saya berharap pada masyarakat untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan damai. Karena aman merupakan persyaratan dalam melakukan apa saja, ”pintanya.

Selain itu, pihaknya meminta kepada masyarakat yang ada di Desa Mekarwangi untuk tidak berprasangka yang tidak baik dalam melakukan pemilihan kepala desa. ” Kalau masih ada prasangka buruk dalam Pilkades ini, harap segara dihilangkan,” tambahnya.

Iwan Karyadi mengucapkan terimakasih kepada pihak panitia yang telah melakukan tugas tugasnya demi pilkades secara maksimal dan demokrasi. “ Saya mohon pada semua panitia agar bisa memahami fakta para calon kepala desa dan Calon Kades yang bersaing harus siap menang dan siap kalah,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here