Poto bersama anata panitia Pilkades dengan Balon Kades

Laporan : Yanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Haurwangi Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, bersilaturahmi dengan delapan orang Bakal Calon (Balon) Kades. Sekaligus memberikan pembekalaan terhadap Balon. Kegiatan tersebut digelar di Aula Desa Haurwangi, Senin (06/01).

Nampak hadir pada kegiatan itu, Pjs Kades Haurwangi Adri Budiana, Keua dan anggota BPD Haurwangi, panitia Pilkades dan tokoh masyarakat Desa Haurwangi.

Pada kesempatanitu Andri Budiana mengatakan, Pilkades merupakan wujud dan implementasi dari demokrasi reformasi. Artinya, rakyatlah yang menentukan langsung calon pemimpinnya. “ Mulai dari Kepala Desa, Kepala Daerah bahkan Kepala Negara (Presiden), rakyat lah yang memilihnya,” jelas Andri.

Lebih lanjut Andri mengatakan, tentunya dalam setiap kompetisi ada pihak yang menang dan ada pihak yang kalah. Semua itu harus diterima dan disikapi dengan sejuk dan kepala dingin.

“ Yang menang jangan merayakannya secara  berlebihan dan yang kalah juga harus menerima dengan legowo dan jangan dijadikan kekecewaan yang berkepanjangan, dengan demikian Insya Alloh  Pilkades Haurwangi akan berlangsung dengan tertib, lancar aman dan kondusif,” papar Andri.

Sementara Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Haurwangi Mochamad Sopian S.pd mengatakan, selain silaturahmi, juga digelar pemaparan secara teknis terkait persiapan seleksi Balon Kades.

Menurut dia, pihaknya bersama panitia dan para Balon Kades sepakat menandatangani pakta integritas agar berjalan sukses tanpa ekses.

Sopian berharap, semua pihak dapat memberikan pembelajaran politik yang baik dan benar terhadap Balon Kades. Selanjutnya Sopian juga berpesan pada para Balon Kades, agar dapat meraih kepercayaan masyarakat dengan cara-cara yang baik.

“ Maka dengan digelarnya kegiatan ini, semoga dapat menjadi wadah silaturahmi bagi Bakal Calon Kepala Desa Haurwangi hingga bisa meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan khususnya untuk membangun Desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur,” harap Sopian.

Sementara itu, pembekalan terhadap para Bakal Calon Kepala Desa Haurwangi yang akan mengikuti tes pilkades pada 19 Januari 2020 mendatang, diberikan oleh Ketua Panitia Pilkades Haurwangi Dida Sukandi Rukmana, S.Pd.

Pada kesempatan itu, Dida Sukandi juga meminta pada para Bakal Calon Kades untuk melaksanakan pembekalan dengan baik sebagaiman yang telah diucapkan Pjs Kepala Desa Haurwangi. Maksudnya agar proses Pilkades Haurwangi dapat berjalan sesuai dengan harapan semua pihak.

Selanjutnya Dida mengatakan, Pilkades Haurwangi mendapat sambutan positif dari masyarakat. Hal itu bisa dilihat dari antusias masyarakat. Bahkan sekarang ini ada 8 (delapan) Bakal Calon Kepala Desa di Desa Haurwangi yang akan bersaing pada Pilkades. Namun  sesuai peraturan hanya 5 calon yang berhak mengikuti Pilkades. Karena itu, bagi desa yang bakal calon Kadesnya lebih dari 5 orang, akan dilakukan seleksi untuk menjaring Bakal Calon menjadi Calon.

Dida juga mengingatkan, kepada para Bakal Calon Kades yang tidak lulus dalam seleksi harus berbesar hati. Bagi Bakal Calon Kades yang lulus seleksi harus bisa melaksanakan apa yang menjadi tugas dan kewajiban seorang calon kepala desa dan nantinya akan mengikuti tahap selanjutnya.

“ Perlu diketahui, penilaian seleksi ada beberapa kriteria, diantaranya kriteria yang dinilai dari ijazah, pengalaman berorganisasi di pemerintahan, dan usia serta tes tertulis yang akan diadakan nanti pada tanggal 19 Januari 2020 di Kabupaten Cianjur,” terang Dida.

Setelah acara pembekalan dilanjutkan dengan jabat tangan antar Bakal Calon. Karena jabat tangan merupakan simbol kesepakatan Pilkades damai dan jalinan silaturahmi antar bakal calon kepala desa. Selanjutnya dilakukan acara foto bersama, anatara panitia dan para Balon serta perangkat desa lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here