Panitia pemilihan anggota BPD Bobojong

Laporan Andri Sutisna

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bobojong yang diselenggarakan di Aula Desa Bobojong, Kec.Mande, Kab.Cianjur berlangsung kondusif, Selasa (19/02) lalu. Meski pada awalnya para calon saling lempar pertanyaan dan mengajuan penambahan kursi BPD.

Para calon mengatakan,  kenapa tidak ? karena  melihat luas wilayah dan jumlah jiwa yang begitu luas dan banyak sudah layak dilakukan penambahan kursi. Hinggga pada akhirnya disepakati tetap tujuh kursi mengikuti jumlah kursi BPD yang lama.

Dari hasil forum yang disepakati Panitia didampingi pendamping Desa Bobojong itu sendiri, mekanisme pemilihannya mengadopsi dari peraturan pemilihan Calon Legislatif. 

Meskipun para calon anggota BPD menginginkan  penambahan kuota tetapi panitia tetap mengukuhkan penetapan kursi tetap tujuh mengikuti jumlah BPD yang dulu.

Sebelumnya di dalam forum itu, ada beberapa Calon mengajukan permintaan penambahan kuota. Salah satunya Tatang Rusmana Calon Anggota BPD dari kedusunan empat mengajukan penambahan kursi. Karena menurutnya dengan jumlah dan luas wilayah yang ada itu sudah layak diadakan penambahan kursi. Namun pernyataan itu langsung dikukuhkan panitia dengan mengetuk palu dan diambil keputusan tetap tujuh kursi dan pada akhirnya paracalonpun mengikuti prosedur yang sudah di tentukan panitia.

Pendamping Desa Rifal mengatakan, sebelum forum ditutup dan setelah ketuk palu, Rifal memaparkan dan menjelaskan kembali kepada para calon Anggota BPD. Mekanisme pemilihan mengadopsi dari mekanisme pemilihan Calon legislatif.

Sebelumnya Rifal sudah memberikan penawaran kepada para panitia apakah akan ada penambahan kuota atau tidak. Karena melihat jumlah penduduk dan luas wilayah Desa Bobojong ini bisa dilakukan penambahan.

“ Namun hasil kesepakatan panitia tetap tujuh. Maka hasil akhir dari musyawarah itu disepakati bersama tujuh kursi dan mekanisme pemilihan itu mengadopsi dari mekanisme pileg, selain itu juga menurut undang-undang tentang Desa harus ada keterwakilan wanita,” jelas Rifal di depan para Calon Anggota BPD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here