Pangdam III/Siliwangi, didampingi Danrem 062/TN serta para komandan dan Kabalakdam III/Siliwangi, meninjau kesiapan Operasi Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat

Laporan : Yatiman

Sumedang, metropuncaknews.com – Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Tri Soewandono didampingi Danrem 062/TN Kolonel Inf Tatan Ardiyanto, para asisten, serta para komandan dan Kabalakdam III/Siliwangi, meninjau kesiapan Operasi Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat. Kegiatan tersebut berlangsung di Mayonif Raider 301/PKS Sumedang Jawa Barat, Senin (14/4).

Usai menerima paparan yang disampaikan Danyonif Raider 301/PKS Letnan Kolonel Inf Tuwadi, Pangdam memberikan pengarahan kepada Satgas Pamtas Yonif 301/PKS.

Pangdam menegaskan, tugas yang akan dilaksanakan Satgas Pamtas Yonif Raider 301/PKS merupakan satu kehormatan dan kebanggaan sekaligus sebagai tantangan. Mengingat Satgas Pamtas sebelumnya yang akan di rotasi oleh Satgas Pamtas Raider 301/PKS, yakni Yonif 320/Badak Putih yang memiliki reputasi yang tercatat baik selama melaksanakan tugas Pamtas.

“ Satgas Pamtas Yonif Raider 301/PKS harus mampu menyamai prestasi Yonif 320/BP karena track recordnya selama melaksanakan tugas operasi disana tercatat cukup bagus,” ujar Pangdam.

Pada kesempat tersebut Pangdam mengingatkan akan  fungsi dan tugas Ka Korum sebagai perwira yang dipercaya mengurus anggota, satuan dan keluarganya yang ditinggalkan operasi. 

“ Ka Korum harus mampu mengamankan 218 personil yang tinggal di home base  dan membentuk SSK cadangan untuk mendukung Kodim dan Korem jika diminta, serta untuk mengantiisipasi kontijensi membantu Pemda dan Polri dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana,” jelasnya.

Pangdam yakin dari paparan yang disampaikan Danyonif, Yonif Raider 301/PKS sudah siap. Dari mulai diberikan latihan, sudah dilengkapi material, personil, meskipun ada beberapa yang sedang diajukan yaitu peta dan GPS. 

Selanjutnya Pangdam berkesempatan meninjau material yang akan dibawa. Seperti bahan kontak yang bisa diaplikasikan di daerah operasi. Tata cara pembuatan pupuk organik, buku-buku pelajaran dan bahan bacaan serta material lainnya.

Begitu juga dengan perlengkapan perorangan yang akan digunakan prajurit selama tugas Operasi Pamtas, diperiksa satu persatu yang diselingi dengan pemberian motivasi.(Sumber : Pendam III/Siliwangi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here