Laporan : Yatiman

Jakarta, metropuncaknews.com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono melepas keberangkatan Satgas Pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia Yonif R 301/PKS di Kolinlamil Tanjung Priuk Jakarta Utara, Jumat (15/2).

Satgas Yonif R 301/PKS Rem 062/TN Kodam III/Siliwangi akan menggantikan Satgas Yonif 320/BP Kodam III/Siliwangi yang akan purna tugas dan sudah 9 bulan melaksanakan penugasan diperbatasan Kalimantan Barat.

Penugasan ini merupakan salah satu tugas pokok TNI yang tercantum dalam undang – undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI khususnya tentang pengamanan perbatasan RI.

Pelepasan Satgas Yonif R 301/PKS tersebut dikemas dalam sebuah upacara pelepasan dimana Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono  bertindak selaku Irup melepas 450 orang Prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamtas Yonif R 301/PKS dibawah pimpinan Letkol Inf Andi Hasbullah Danyonif Raider 301/PKS.

Pangdam III/Siliwangi mengatakan, prajurit yang diberangkatkan kedaerah operasi merupakan prajurit yang terpilih, terdidik dan terlatih yang tergabung dalam Satgas Pamtas Yonif Raider 301/PKS.

Sekaligus  diberikan kepercayaan dan kehormatan untuk mengemban tugas operasi demi tetap tegaknya kedaulatan NKRI.

” Laksanakan tugas negara ini dengan sebaik-baiknya, tanamkan dalam diri kalian untuk berbuat yang terbaik serta buktikan bahwa Prajurit Siliwangi merupakan Prajurit handal, yang selalu sukses dalam setiap penugasan, ” ucap Pangdam.

Selanjutnya Pangdam mengatakan, keberhasilan dalam penugasan akan berdampak positip terhadap upaya menjaga keutuhan wilayah NKRI dan akan menumbuhkan kepercayaan rakyat terhadap krefibilitas TNI sebagai institusi Pertahanan Negara. “ Sekaligus dapat meningkatkan citra Yonif R 310/PKS dan Kodam III/Slw sebagai salah satu satuan terpercaya di jajaran TNI AD,” imbuhnya.

Pangdam juga mengatakan, untuk menunjang keberhasilan dalam tugas, sangat penting memahami secara mendalam terhadap kearifan lokal. “ Seperti sistem sosial budaya dan kondisi sosio kultural masyarakat setempat dalam melakukan komsos dengan masyarakat dan memudahkan untuk beradaftasi,” ungkap Pangdam.

Akhir amanatnya, Pangdam berpesan kepada seluruh Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 301/PKS, agar senantiasa melaksanakan langkah-langkah pengamanan personel dan materiil. Baik dalam pelaksanaan serpas maupun selama di daerah operasi. Serta senantiasa selalu memohon pertolongan dan perlindungan pada Allah SWT.

Usai Upacara Pangdam beserta rombongan memberikan ucapan selamat bertugas kepada perwakilan Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 301/PKS. Satgas akan berangkat menuju daerah operasi pada Jumat (15/2) dengan menggunakan KRI 503 Teluk Amboina

Dalam upacara tersebut tampak hadir para Danrem, Danrindam, para asisten Kasdam III/Siliwangi dan para Kabalak Jajaran Kodam III/Siliwangi. (Sumber : Pendam III/Siliwangi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here