Pangdam III/Siliwangi saat menghadiri acara adat Seren Taun di Kota Cimahi

Laporan : Yatiman

Cimahi, metropuncaknews.com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) menghadiri acara adat Kabuyutan Seren Taun 22 Raya Agung 1954 Saka. Acara adat Seren Taun tersebut digelar di Kampung Buyut Cipageuran Cimahi Jalan Kolonel Masturi Km 3 Kelurahan Cipageuran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, Minggu (2/9).

Kegiatan ini diawali dengan buka Kecapi Rajah, pembacaan Ayat Suci Al- Quran kemudian pembacaan Teks Pancasila dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan ditambah dengan kegiatan lainnya.

Pada kesempatan itu, Pangdam III/Siliwangi menyampaikan, ucapan selamat datang kepada tamu undangan yang hadir. Pangdam berharap,  kedepan acara seperti ini tetap terselenggara  sehingga budaya ini dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya.

” Dari Sabang sampai Marauke banyak adat budaya yang harus kita pertahankan, karena banyak bangsa asing yang ingin mengakui tradisi bangsa kita, untuk itu jaga adat budaya kita ini demi terjaganya budaya kearifan lokal,” ucapnya.

Selanjutnya Pangdam mengatakan, saat ini Kodam III/Siliwangi sedang melaksanakan program revitalisasi Sungai Citarum. Kegiatan tersebut sebagai bentuk dalam menghargai jasa para pendahulu tokoh Jawa Barat dalam menjaga air. Karena air merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat Jawa Barat.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Cimahi mengatakan, Kota Cimahi akan menjadi Kota Wisata Militer yang memiliki Heritage peninggalan sejarah masa lalu. Ditambah dengan adanya wisata Adat Cirendeu ini yang akan menjadi ikon Kota Cimahi.

Wakil Walikota berharap, budaya ini jangan sampai hilang dan dapat terjaga sehingg anak cucu kita dapat merasakannya.

Akhirnya Pupuhu Kabuyutan Cipageran berharap, yang hadir pada acara adat ini. dapat menjaga alam dan merawat alam. Karena itu semua merupakan amanah pendahulu kita.

” Pemerintah dan Kabuyutan harus bersatu dalam memakmurkan rakyat Jawa Barat,” ujarnya menegaskan.

Kegiatan ini diikuti lebih kurang 500 orang dari beberapa daerah di Bandung dan Cimahi. Ada pun penanggung jawab adalah Dedi Kuswandi sebagai Ketua Komunitas Kabuyutan Cimahi.

Hadir pada acara tersebut, Kasgartap II/Bandung Marsekal Pertama TNI Taspin Hasan, Wakil Wali Kota Cimahi Letkol Pur Ngatiyana, Dandim 0609/Kab. Bandung Letkol Arh Teguh Waluyo, S.IP, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, S.IK, Kajari Cimahi Harjo, S.H, M.H, Anggota DPRD Cimahi Dedi Kuswandi, Yusuf Kabuyutan Gegerkalong, Akung Kabuyutan Bandung Barat, Yus Kabuyutan Bale Agung dan Suparman Padepokan Kidang Kencana. (Sumber : Pandam III/Siliwangi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here