Pangdam III/Slw bersama rombongan menelusuri Sungai Citarum

Laporan : Yatiman

Bandung, metropuncaknews.com – Alhamdulillah progres kegiatan Citarum yang saat ini sudah dan terus berlangsung dalam waktu 6 bulan sudah berjalan. Dari pagi, siang dan malam, prajurit-prajurit Maung Siliwangi bersama dengan masyarakat bahu membahu  melaksanakan revitalisasi kembalinya Sungai Citarum.

Demikian dikatakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) saat melaksanakan peninjauan Sungai Citarum di Sektor 6 Posko Satgas Citarum Harum di Desa Dayeuhkolot Kec. Bojongsoang Kab. Bandung, Selasa (18/9).

Menurut Pangdam, kini pihaknya melihat perubahan dinamika kehidupan di sepanjang Sungai Citarum. Masyarakat sudah mulai banyak beraktivitas. “ Seperti diantaranya, memancing, mencari ikan dan maindset apa yang kita tanamkan, sungai sebagai serambi depan rumah kita ini sudah berjalan dengan baik, “ kata Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, hal ini terindikasi dari beberapa kesadaran masyarakat. Bahkan hampir 500 unit rumah yang berada di bantaran sungai mereka bongkar dengan kesadaran, tanpa ada paksaan. “ Mereka sadar membokar rumahnya dan sekarang sepanjang bantaran menjadi terbuka, menjadi lahan terbuka yang indah yang digunakan sebagai tempat bermain, tempat olah raga dan sarana hiburan masyarakat,” jelas Pangdam.

Kalau kita lihat, masih kata Pangdam, dinding sepanjang ini sedang kita percantik menjadi lukisan moral yang indah. Nantinya ikut mendampingi dari keindahan sepanjang sungai Citarum.

“ Selain itu program saya salah satunya adalah apa yang menjadi target Keppres 15 tentang Citarum itu berlaku 7 tahun, tapi saya lihat 7 tahun adalah impian saya dan saya yakin 2 tahun kalau masyarakat semua kompak, semangat dan kesadaran para pelaku industri untuk mereka benar – benar sadar untuk bisa mengendalikan limbahnya, saya yakin 2 tahun bisa dilakukan,” ulasnya.

Selanjutnya Pangdam juga mengatakan, dengan upaya paksa yang dilakukan melalui pengecoran saluran – saluran pembuangan limbah mereka. Akhirnya mereka mampu melakukan perbaikan IPALnya dalam waktu hanya 1 minggu sampai dengan 11 hari. “ Ternyata mereka mampu yang selama ini mereka larut dan nyaman dengan situasi, mereka punya IPAL tapi tidak pernah memfungsikan IPALnya dengan baik,“ ungkapnya.

Kemudian dengan perahu Katamaran, Pangdam III/Siliwangi bersama rombongan menelusuri sungai Citarum meninjau langsung kondisi Sungai Citarum saat ini di Sektor 6 Satgas Citarum Harum. (Sumber : Pendam III/Siliwangi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here