Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Kapolsek Cugenang Kompol L Woro Wuryani S.H, mengadiri kegiatan panen raya padi varietas Sidenuk atau padi IP400 di ladang pesawahan di Kp. Babakan Sirnagalih RT003/RW002, Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Rabu 5 Januari 2021, sekira pukul 10.00 WIB, sampai dengan selesai.

Melalui Bhabinkamtibmas Desa Benjot dan Cibulakan AIPDA Azmal Hilmi, Kapolsek Cugenang Kompol L Woro Wuryani S.H menyampaikan, benar Kapolsek tadi menghadiri kagiatan panen raya padi Sidenuk atau padi IP400 di wilayah Desa Benjot.

“Padi yang dipanen bertempat di ladang sawah milik KH. Amin Karim, yang beliau ini adalah pembina Rumah Tahfidz Baitul Quran Al-Karim,” kata Azmal.

Azmal menerangkan, jenis padi varietas Sidenuk atau IP400 ini bisa di panen 3 sampai 4 kali dalam setahun. Diketahui padi jenis ini merupakan salah satu terobosan pihak Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan produksi padi.

“Tujuan dari terobosan tersebut adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional serta menjadikan nilai tambah yang diperoleh petani,” tutupnya.

Terpisah, Camat Cugenang Komariah S.Ip, M.Ap menambahkan, kedepan KH. Amin Karim telah bekerjasama dengan para owner, dan ia berhasil memberdayakan petani disekitarnya.

“Kedepan KH. Amir Karim mempunyai konsep akan mengemas produk unggulan, diantaranya beras Pandawangi. Sehingga mungkin bisa kembali mengangkat varietas padi Pandawangi untuk para konsumen yang ada di wilayah dalam dan luar Cianjur,” tambahnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Forkopimcam Cugenang, Dinas pertanian Kab. Cianjur, Binsa – Binmas Desa Benjot, Korluh Pertanian Kec. Cugenang, PPL Desa Benjot Kec. Cugenang dan Ketua Poktan Desa Benjot.

Sementara hasil panen raya dari 15 hektar yang dilakukan di dua titik hasil 1 = 7.4 Kg dan hasil 2 = 5,4 Kg, rata-rata hasil ubinan 6.4 Kg. Prakiraan produktifitas mencapai 10,24 ton/Ha, GKP (Gabah kering panen).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here