Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Panen raya perdana di kebun percontohan ketahanan pangan (Hanpang) Kodim 0608/Cianjur, di Kampung Beunying, Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Rabu (04/12).

Danrem 061/Suryakancana (SK) Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya, bersama Waaster Mabes TNI Mar Purnomo, turut serta memetik tanaman cabai di kebun percontohan Hanpang tersebut.

Turut hadir pada kegiatan tersbeut, Para Paban Ster Mabes TNI, Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, Plt Bupati Kabupaten Cianjur, Kabagren Polres Cianjur, dan Dinas Kehutanan Provinsi Jabar.

Danrem 061/SK Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya mengatakan, panen raya ini merupakan salah satu bentuk apresiasi keberhasilan petani memanen kentang dan cabai.

Panen raya kali ini, terselenggara berkat adanya bentuk kerjasama antara TNI dengan Para Kelompok Tani (Poktan), sebagai salah satu bentuk nyata dukungan TNI terhadap Para Poktan.

“Keberhasilan tanam Perdana kali ini, berkat adanya pembinaan yang serius dalam program pertanian, yang didukung sepenuhnya dengan upaya khusus melalui tugas pendampingan prajurit TNI khususnya di wilayah Korem 061/Suryakancana. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa dan layak untuk mendapatkan apresiasi,” ungkap Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya kepada awak media.


Danrem 061/SK juga menyampaikan,, bahwa dalam menyiapkan potensi sumber daya alam, khususnya logistik wilayah melalui salah satu program yang dilaksanakan antara lain, pembinaan ketahanan pangan dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan alamnya secara efektif, efisien, ramah lingkungan dan berkelanjutan.


“Salah satunya sudah diinisiasi oleh Ster Mabes TNI, dengan melaksanakan program ketahanan pangan yang di akomodir Korem 061/SK, dengan melibatkan masyarakat melalui Poktan yang ada di area seluas empat hektare di Cianjur,” paparnya.


Tujuan panen raya tersebut, adalah untuk menunjukan kepada masyarakat luas, bahwa Korem 061/Suryakancana selaku komando kewilayahan, turut serta dalam pencapaian panen raya bersama Gapoktan wilayah Cianjur, dalam  membantu program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan Nasional.


“Ya, untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta menjamin ketersediaan logistik wilayah, untuk kepentingan Pertahanan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here