MUrid-murid Paguron Kanca Stya meperlihatkan kebolehannya dalam seni bela diri pencak silat

Laporan : Andri

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk melestarikan budaya tradisionil pencak silat, Paguron Kanca Satya menggelar atraksi pencak silat. Atraksi yang digelar diawal tahun 2019 tersebut mendapat sambutan antusias warga.

Terlebih pada acara yang digelar di Kp Cijujung RT 03/06 Desa Bobojong. Mande Cianjur tersebut diselip atraksi debus, Sabtu (05/01).  Hingga acara tersebut sangat menghibur warga. Terbukti terlihat antusuas masyarakat memadati area tempat di gelarnya pertunjukan tersebut.

Yati seorang ibu rumah tangga yang nampak antusias dalam acara itu menuturkan, ia senang dengan digelarnya acara ini. Sebab atraksi ini sudah jarang di selenggarakan. “ Sudah berapa taun ini baru kali ini ada acara debus, walaupun ngeri juga melihatnya tapi saya cukup terhibur,” ungkapnya.

Ketua Ranting Kanca Satya Ahmad Yusup mengatakan, digelarnya acara ini sebagai bentuk pelestarian budaya yang di tinggalkan nenek moyang. “ Kami berharap, dengan diadakanya pertunjukan pencak silat ini generasi penerus dapat tertarik dan meminati seni pencak silat ini,” harapnya.

Sementara Ketua Umum Kanca Satya, Aang Singa Lodra mengatakan, acara yang digelar ini dapat menambah minat generasi penerus untuk mencintai seni bela diri pencak silat.

“ Sebab kalau bukan mereka, siapa lagi yang akan melestarikan budaya peninggalan nenek moyang ini,” kata Aang Singa Lodra.

Namun, lanjut Aang, alhamdulilah ternyata antusias warga begitu baik responnya. Aang berharap, kedepannya minat generasi muda dalam seni pencak silat ini bisa meningkat. Hingga mereka mau belajar dan meneruskan seni yang diwariskan nenek moyang.

Lebih lanjut Aang Lodra mengatakan, untuk saat ini alhamdulilah Paguron Kanca Stya telah memiliki sepuluh ranting dan jumlah keseluruhan murid Kanca Satya kurang lebih ada 500 orang dari berbagai usia.

“ Demikian juga pemain debus yang tadi tampil adalah dari paguron kita, kebetulan saya sendiri yang melatihnya,” jelas Aang Lodra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here