Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebanyak5 kandidat Calon Kades Haurwangi Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur akan bersaing pada Pilkades Serentak yang akan digelar pada 23 Februari mendatang. Mereka yang akan berlaga itu adalah Nomor Urut 1 Dede Supyanudin, SH. Nomor 02 Iwan Sulaeman, Nomor 03 Endan Rahmat Safari, Nomor 04 Surahman dan Nomor 5 Pepep Kusnadi.

Bagi warga Desa Haurwangi, nama kelima kandidat calon kades itu sudah tidak asing lagi. Pasalnya, kelima Calon Kades tersebut, tergolong tokoh masyarakat yang memiliki populeritas dikalangan masyarakat Desa Haurwangi. Mereka ini terbilang mumpuni dalam dalam ekonomi. Selain itu juga, memiliki keahlian dan pengalaman dalam berorganisasi dan bermasyarakat. Hingga masing – masing kandidat memiliki peluang yang sama untuk mendulang suara sebanyak mungkin. Bahkan ada yang mengatakan, pada Pilkades Haurwangi nanti, akan terjadi perang bintang.

 Salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Haurwangi Mahram (55) mengatakan,  Pilkades Haurwangi akan terjadi perang bintang. Pasalnya, kelima calon Kades Haurwangi tersebut, tergolong putra asli daerah yang mumpuni. Berpengalaman dan memiliki kekuatan berorganisasi yang sama.

Hingga banyak masyarakat yang menyebutnya, Pilkades Haurwangi, bisa dikatakan perang bintang. Untuk lebih jelasnya lagi mari kita tengok yang menjadi  kekuatan mereka.

Dede Supyanudin SH, dengan No. Urut 01, pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Cianjur selama satu periode. Pernah menjadi Ketua BPD Haurwangi selama beberapa periode, Ketua Organda, memiliki Yayasann Pendidikan, pandai bergaul dan banyak memiliki relasi.

Tak jauh berbeda dengan Iwan Sulaeman dengan No. Urut 02. Selain seorang incumbent Kepala Desa Haurwangi selama satu periode juga memiliki sanak saudara, kerabat paling banyak yang berdomisili di Desa Haurwangi dan pandai bergaul.

Lain lagi dengan calon Kades yang satu ini, selain masih muda dan tampan juga, Endan Rahmat Safari No. Urut 03, pada periode musim Pileg kemarin, sempat menjadi kandidat menjadi Calon Anggota Legislatif dari salah satu partai yang baru lahir. Perolehan suaranya cukup banyak. Namun suara partainya kurang menguntungkan.

Selain itu, juga cukup lama menjadi pengurus Ormas besar dan ternama di Kabupaten Cianjur. Pandai bergaul juga banyak relasi dikalangan kaula muda.  

Lain halnya dengan Surahman No. Urut 04, seorang  mantan ASN yang memiliki segudang pengalaman. Dikenal jujur, penyabar, dingin dan  memiliki pengalaman menjadi Ketua RW beberapa periode.

Pada Pilkades beberapa waktu yang lalu, Surahman sempat didorong warganya supaya mencalonkan menjadi Kades. Namun terhalang pekerjaan sebagai ASN.  Tidak hanya itu saja, relasi dan sanak saudaranya cukup banyak yang berdomisili di Desa Haurwangi.

Demikian pula dengan Pepep Kusnadi No. Urut 05. Pepe lama menjadi pengurus P3A Cai Golongan Daerah Irigasi (DI) Cihea. Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Pernah ikut mencalonkan Kepala Disa dengan hasil ke dua dan memiliki sanak saudara cukup banyak yang berdomisili di Desa Haurwangi.

Melihat hal tersebut, maka tak pelak lagi, kelima kandidat Calon Kades Haurwangi memiliki peluang yang sama untuk meraih simpati masyarakat. “ Karena itu, banyak yang menyebutnya pada Pilkades Haurwangi akan terjadi perang bintang, sebab kelima kandidat memiliki peluang yang sama untuk mengumpulkan suara terbanyak,” jelas Mahram, Sabtu (25/1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here