Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke 58 tahun 2019, Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Ciranjang, gelar Kemah Akbar. Kegiatannya dilaksanakan di lapangan sepak bola Kampung Babakan Garut, Desa Kertajaya, Kecamatan Ciranjang, Cianjur, Rabu (14/08). 

Kemah Akbar tersebut, diikuti seluruh pramuka yang datang dari berbagai pangkalan. Seperti diantaranya, dari pangkalan SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK yang ada di Kecamatan Ciranjang.

Tidak hanya itu saja, seluruh jajaran pengurus Mabiran dan Ketua Saka Husada Bhakti Kecamatan  Ciranjang, ikut hadir mengikuti kegiatan sampai tuntas. 

Ketua Harian Mabiran Kecamatan Ciranjang, Muhamad Sidik menjelaskan,  dengan digelarnya Kemah Akbar itu, merupakan program tahunan gerakan Pramuka Kwaran Kecamatan Ciranjang. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut akan dapat membentuk sikap yang berkarakter dan memikiki rasa persaudaraan. 

“ Selain itu juga memiliki jiwa kesatria, berjiwa patriotisme, pancasilais, mampu memupuk rasa kesatuan dan persatuan bangsa, memiliki keterampilan serta kecerdasan edukasi yang  sesuai dengan kurikulum 2013,” ucap M. Sidiq 

Selanjutnya Sidiq mengatakan, pihaknya merasa bangga juga bahagia.  Karena selain andika pramuka datang dari seluruh pagkalan SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK juga Camat selaku Ketua Mabiran, Kapolsek, Danramil, angota Mabiran dan Kepala Puskesmas selaku Ketua Saka  Husada Bhakti Kecamatan Ciranjang, telah ikut andil mengikuti kegiatan Kemah Akbar sampai tuntas. 

” Kehadiran seluruh jajaran pengirus Mabiran Kecamatan Ciranjang, Ketua Saka Husada Bhakti dan seluruh kakak Pembina dari seluruh pangkalan, itu merupakan kehormatan, kebanggan dan kebahagiaan bagi kami,” kata  M. Sidiq. 

Sementara itu, Ketua Kwaran Geralan Pramuka Kecamatan Ciranjang Irsad (54) menambahkan, kegiatan Kemah Akbar tersebut merupakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke 58. 

Seluruh andika Pramuka yang hadir dari perbagai pangkalan, seluruhnya mengikuti berbagai perlombaan. Diantanya lomba kecerdasan, keterampilan, kecwkatan, edukasi, kedisiplinan, wawasan kepramukaan, lomba baris berbaria dan lomba lainnya yang bersifat permainan anak SD dan SLTP. 

Tidak hanya itu, pihaknya selaku Ketua Kwaran mensosialisasikan pramuka Pra Siaga. Karena hal itu dinilai sangat penting untuk anak usia dini. Maksudnya agar kelak mampu melakukan keterampilan tangan dan kecerdasan dalam cara berpikir. 

Diharapkan, gerakan pramuka di Kecamatan Ciranjang, kedepannya lebih maju dan mampu mencetak generasi muda yang bermartabat. “Memiliki karakter dan mampu meningkatkan kualitas pendidikan,” ujar Irsad.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here