Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – H – 5 Idul Fitri, tepatnya Sabtu (08/05/2021), Pasar Induk Cianjur mulai ramai diserbu pembeli. Tak ayal, kemacetan pun terjadi cukup panjang di sekitaran pintu masuk sampai kios-kios pedagang.

Berdasarkan pantauan dilapangan, tampak masyarakat mulai berbelanja persiapan hari raya Idul Fitri. Mereka rata-rata membeli kebutuhan pokok seperti bahan kue, bumbu dan menu-menu masakan.

Namun, yang paling mendominasi adalah kios-kios sayuran yang menjual aneka sayur mayur serta bumbu-bumbu penyedap masakan.

” Para pembeli sudah mulai ramai, artinya sudah mulai ada peningkatan pembeli yang berbelanja ke kios saya,” kata Iyan (34) penjual sayuran di Pasar Induk Cianjur.

Iyan mengaku, pembeli yang berbelanja ke kiosnya hampir meningkat dua kali lipat dari biasanya.

” Di H – 5 ini, alhamdulillah ada peningkatan pembeli, dari yang biasanya pagi hingga sore hanya 10 sampai 15 orang/pembeli. Kini menjadi 30 sampai 40 an,” aku Iyan dengan wajah yang berseri-seri.

Masih dikatakan Iyan, para pedagang bahan pokok di Pasar Induk Cianjur ini, menjelang hari H Idul Fitri hampir semua mengalami lonjakan pembeli. Karena mungkin itu adalah kebutuhan pokok masyarakat di hari raya.

” Ya, kalau sayuran, kebutuhan pokok sama bumbu masakan selalu jadi prioritas masyarakat terutama ibu-ibu buat persediaan lebaran,” ujarnya.

Terpisah, saat ditemui wartawan, Imas (35) warga Pamoyanan Cianjur Kota mengatakan, dirinya sengaja berbelanja lebih awal untuk keperluan menjelang hari Raya Idul Fitri. Untuk stok di rumah.

” Saya sengaja berbelanja bumbu masakan jauh-jauh hari sebelum hari H untuk stok, karena mau bikin masakan khas lebaran,” ungkapnya.

Imas juga mengatakan, dirinya lebih memprioritaskan bumbu masakan daripada komoditi lain.

“Di pasar kan lebih murah daripada di warung, apalagi jenis sayuran sama bumbu-bumbu masakan seperti cabe, tomat, bawang putih, bawang merah, bawang daun, lengkuas, dan lain-lainnya itu sangat murah,” tandasnya dengan wajah sedikit malu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here