Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintah Desa Sukakerta, Cilaku, Cianjur, menggelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Kegiatan tersebut digelar di aula Desa Sukakerta , Senin (25/01).

Pelaksanaan MMD tersebut, diikuti oleh lembaga-lembaga desa, masyarakat, RT/RW, Karang Taruna, Bidan Desa dan perwakilan Puskesmas Cilaku. Adapun yang menjadi pembahasannya ada sebanyak 14 program di tahun 2021 ini.

” Ke-14 program tersebut sebetulnya sudah dilaksanakan, namun yang paling diprioritaskan adalah tentang pengelolaan sanitasi lingkungan serta pengelolaan sampah terpadu dan memang itu sudah menjadi PR kita bersama,” kata Kepala Desa Sukakerta Rudi Herdiansyah, SE.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, Insyaallah Desa Sukakerta  kedepannya mempunyai komitmen untuk mengelola kedua program tersebut. Jadi ditahun 2021 ini fokus ke pengelolaan sanitasi lingkungan serta pengelolaan sampah, yang tentunya perlu juga diperhatikan oleh semua lapisan masyarakat.

” Mudah-mudahan dilingkungan masyarakat bisa tumbuh rasa motivasi dari diri sendiri untuk menjaga lingkungannya secara mandiri dan tidak lagi membuang sampah sembarangan. Selain itu tidak ada lagi yang membuang jamban langsung ke sungai/selokan, artinya masyarakat harus mempunyai septic tank,” tandasnya.

Masih dalam kegiatan yang sama, Bidan Desa Sukakerta Rika Nurmila menambahkan, kegiatan MMD tersebut dilaksanakan menyambung dari hasil survei mawas diri di bulan Desember kemarin.

” MMD ini menggali masalah-masalah yang ada di desa Sukakerta, adapun pernasalahan yang diprioritaskan adalah pengelolaan sanitasi lingkungan serta pengelolaan sampah terpadu. Jika semua dibenahi dengan baik dan benar, tentunya lingkungan masyarakat pun akan bersih dan masyarakatnta juga sehat,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here