PAC Abpednas Kec. Cibiong Siap Kawal Pembangunan di setiap desa yang ada di wilayah kerjanya

Liputan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Ketua BPD Girimukti Kecamatan Cibinong Cianjur, H. Hasan menegaskan, pihaknya selaku pengurus PAC Abpednas Kecamatan Cibinong akan memantau dan mengawal pembangunan yang ada di wilayh kerjanya. Terutama pembangunan infrastruktur maupnu pembangunan non infrastruktur yang dibiayai dari dana program pemerintah. Seperti halnya dari Dana Desa (DD), dana Bantuan Provinsi (Banprop), APBDes dan dari dana bantuan pemerintah lainnya.

Hsana menenjelaskan. seluruh pengurus dan anggota  BPD disetiap desa yang  memiliki wadah Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas), selain harus ikut menentukan perencanaan pembangunan desa juga harus mengawal seluruh penerapan pembangunan yang dibiayai dari dana bantuan pemerintah.

Hal itu perlu dilakukan supaya seluruh bentuk dana bantuan pemerintah yang diterapkan disetiap desa, benar terealisasikan denga baik dan benar. Hingga mampu untuk mensejahtrakan seluruh warga desa setempat.

Seperti halnya, Pemerintahan Desa Girijaya, Kecamatan Cibinong, Cianjur, sekarang itu tengah sibuk menterapkan DD tahap dua tahun anggaran 2018. DD tersebut dialokasikan pada pembangunan infrastruktur. Yaitu, 4 lokasi pembangun cor beton jalan desa dan  satu unit PAUD. Seluruh pembagunan tersebut dikerjakan pihak Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Girijaya.

Lebih lanjut H. Hasan mengatakan, sejak mulai perencanaan hingga pelaksanan pembangunan infrastruktur dan pembangunan pemberdayaan masyarakat di Desa Girijaya, seluruhnya dikawal pihak BPD. Hal itu supaya seluruh penterapan dana bantuan teralokasikan secara benar, tertib, aman dan lancar. Selain itu juga agar TPKD benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai dengan Juklak dan Juknis yang ada.

“ Kami berharap, seluruh anggota BPD yang ada di Kecamatan Cibinong, mampu melaksanakan tugasnya sesuai tupoksinya dan mampu mengawal seluruh pembangunan yang ada di desanya masing-masing,” ucap H. Hasan pada awak media.

Sementara itu, salah seorang pengurus Abpednas Kabupaaten Cianjur, Supendi menambahkan, sebenarnya seluruh pembangunan yang dibiayai dari dana bantuan pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, perencanaanya itu hasil produk BPD. Selanjutnya dituangkan dalam RPJMDes dan kemudian diterapkan pihak pemerintah desa dengan membentuk TPKD.

Karena itu, BPD disetiap desa wajib untuk mengawalnya seluruh program pembangunan. Karena hal itu selaras dengan aturan yang berlaku. “ Diharapkan seluruh BPD yang ada di Kabupaten Cianjur, untuk selalu mengawal berbagai pembangunan di desanya masing-masing,” ujar Supendi, Rabu (25 /07).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here