Pembangunan TPT dan saluran air irigasi tercier yang dilakukan P3A Mitra Cai Tani Mekar Desa Sindangsari

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk meningkatkan kualitas pertanian, para petani tidak hanya mengandalkan pola tanam padi yang baik saja, tapi saluran air irigasi tercier pun menjadi sarana  penujang yang paling utama. Maka dengan adanya itu Kelompok P3A Mitracai Tani Tani Mekar, Desa Sindangsari, Kecamatan Ciranjang, Cianjur, belum lama ini membangun Tembok Penyangga Tanah (TPT) saluran irigasi tercier  sepanjang 400 meler, lebar 30 Cm dan tinggi 70 Cm.

Pembangunan TPT tersebut, berlokasi di Blok Kampung Cikoronjo Desa Sindangsari. Diharapkan, dengan adanya irigasi tercier nantinya akan mampu mengairi sawah seluas 32 Ha. Pembangunan TPT tersebut, disambuat antusias para petani dan masyatakat setempat.

Ketua Kelompok P3A Mitra Cai Tani Mekar Syarip didampingi Sekretaris Wawan menjelaskan, pembangunan TPT tersebut, mengahabiskan biaya kurang lebih sebesar Rp. 194 Juta. Dana tersebut hasil dari sumbangan  dana program APBN melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS) yang diusung melalui anggota DPR-RI Fraksi PKB.

Lebih lanjut Syarif mengtakan, dibangunnya TPT saluran irigasi tercier, tiada lain untuk meningkatkan kualitas pertanian. Khususnya yang lahan sawahnya berlokasi di blok Cikoronjo dan sekitarnya. Karena sebelumnya lahan sawah di blok Cikoronjo selalu kesulitan air. Utamanya lahan sawah yang berlokasi dibagian hilir. “ Maka dengan adanya saluran irigasi tercier dan  dibangunnya TPT, diharapkan kualitas pertanian akan meningkat,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat setempat juga sebagai pemikik sawah di blok Cikoronjo, Ustadz Ateng Wahyudi (45) menambahkan, dengan adanya pembangunan TPT saluran Irigasi tercier di blok Cikoronjo tersebut, pihaknya berucap terimakasih pada semua pihak. Khususnya pada Pemerintahan Desa Sindangsari, Kecamatan Ciranjang, Pemkab Cianjur, BBWS dan anggota dewan dari Fraksi PKB peduli terhadap para petani Desa Sindangsari.

Diyakini Ustadz Ateng, dengan adanya pembangunan TPT saluran Irigasi tercier tersebut, maka sawah miliknya pada tahun sekarang akan kebagian air dengan merata. “ Tidak seperti sebelumnya, air yang masuk ke lahan sawahnya selalu kekurangan, hingga hasil panen padinya selalu berkurang dari target yang ditentukan,” kilahnya,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here