Kontes Burung yang digelar Oriq Jaya

Laporan : Shandi

Cianjur,  metropuncaknews.com – Maraknya kontes burung di Cianjur, nampak disambut antusias para pecinta kicau mania. Seperti halnya keberadaan salah satu komunitas Oriq Jaya yang selalu eksis menyelenggarakan kontes.

Komunitas yang memang baru berdiri ini, berskretariat di Dr Muardi, By Pass Gedung Econ. Kegiatan rutinnya dilakukan dalam kurun waktu seminggu sekali menggelar latihan kicau mania.

Baru-baru ini, Komunitas Oriq Jaya mengadakan kejuaraan kicau mania dengan tema ‘The Legend Oriq Jaya’. Kegiatan tersebut digelar di gedung Soang, Kecamatan Cipanas-Puncak.

Dalam kejuaraan tersebut dilangsungkan juga pengukuhan ketua barunya. 

Ratusan pecinta akicau mania terlihat tumpah ruah menjadi satu di lokasi. Untuk sang juara akan mendapatkan hadiah sesuai katagori atau kelas di lombakan. Baik itu trophy, doorprize, maupun uang pembinaan. 

Ketua kicau mania Oriq Jaya, Andi Bima mengatakan, kegiatan ini tidak ada unsur atau muatan politik. Intinya, untuk mempererat silaturahmi dengan para pencinta burung berkicau di Kabupaten Cianjur dan dimana pun berada termasuk ada yang hadir perwakilan dari luar daerah. 

” Konteknya untuk melestarikan dan mengembangkan seni suara (kontes) burung berkicau khususnya. Dan acaranya berjalan sukses dan lancar,” kata dia saat ditemui langsung, di sekretariatnya, Senin (29/1).

Lanjutnya, maksud dan tujuan kontes ini digelar adalah untuk meramaikan dan mengembangkan hobi para kicau mania dari berbagai daerah. Kemarin saja ada sekitar 100 peserta, para pecinta kicau mania yang ikut berpartisipasi. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Purwakarta, Bandung, Sukabumi, Garut dan daerah lainnya.

Ia berharap, melalui acara kontes kicau burung yang diselenggarakannya bisa berkelanjutan. Artinya jangan sampai saat ini saja, karena melihat animo sejumlah peserta baik dalam dan luar daerah.

Sementara, salah satu sesepuh kicau mania Cianjur, H Adang memaparkan, selain hobi akan kicauan burung, juga untuk mempererat tali silaturahmi. 

” Intinya untuk melestarikan, dan mengembangkan kontes suara burung. Dan acara seperti ini juga sering digelar di Cianjur, serta bukan kali pertama saja,” paparnya.

Adang berharap, untuk kedepannya bisa terus digelar. “ Selain itu juga adanya dukungan dari semua pihak untuk melestarikan burung-burung yang berpotensi ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here