Laporan : Sandi/Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Tim relawan peduli Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berhasil membebaskan pemasungan dua ODGJ  sekaligus. Yakni di Karangtengah dan Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (27/10),  Bahkan satu diantaranya sudah dipasung selama 6 tahun. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan Cianjur bebas pasung.

Tim relawan ODGJ tersebut, terdiri dari petugas Puskesmas UPTD Ciherang, Yayasan Rumah Pulih Jiwa (YRPJ) sebagai koordinator lapangan, Sedekah Rombongan (SR), Relawan Kesehatan Cipanas (RKC) dan Tim Kesehatan Jiwa.

Sebagai Bagian Promosi Kesehatan Puskesmas UPTD Ciherang, Andrik Insap Malik mengatakan, pelepasan pasung itu dilakukan kepada DM (42) asal Karangtengah dan MR (31) asal Haurwangi.

” ODGJ berinisial DM ini sudah dipasung selama 6 tahun dan MR dipasung baru 2 tahun,” kata Andrik.

Kedua korban pasung, lanjut Andrik, dilakukan pemasungan dengan menggunakan pasung rantai permanen. Nah, tujuan dilakulannya pelepasan pemasungan ini adalah sebagai bentuk bahwa Cianjur Bebas Pasung.

” Rencananya kedua korban pasung ini akan dibawa ke Yayasan Pondok Nurani di Cipanas untuk dilakukan pengobatan hingga mereka dinyatakan sembuh,” ujarnya.

Sementara menurut Kepala Desa Langensari, Fajar Syubhan mengatakan, program pelepasan pasung terhadap ODGJ itu merupakan bagian dari program pemerintah. Maka dari itu selaku penerintah pihak desa, kita akan membantu mengurusi terkait pengobatan pasien tersebut.

” Ya, kami akan mendorong pengobatan pasien ODGJ itu, sehingga mereka dinyatakan sembuh. Karena pengobatan ODGJ ini merupakan bagian dari program pemerintah termasuk pemerintah desa,” ucap Fajar.

Fajar juga mengatakan, pihaknya akan mensosialisasikan pada keluarga khususnya dan masyarakat umum, agar bisa menerima pasien ODGJ yang sudah dinyatakan sembuh. Sehingga tidak ada lagi yang namanya bullying pada ODGJ.

” Obat paling ampuh untuk ODGJ ini adalah keluarga dan lingkungan sekitar bisa menerimanya kembali setelah sembuh,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here