Beberapa Ruko di Pantai Suwuk hancur diterjang ombak

Laporan : Yatiman

Kebumen, metropuncaknews.com – Cuaca Buruk dan gelombang tinggi masih terjadi di pesisir Pantai. Pantai Suwuk Puring Kebumen pun tak luput dari terjangan gelombang tinggi, Sabtu (18/8). Karena itu, pihak pengelola, untuk sementara akan menutup Obyek Wisata Pantai Suwuk.

Salah seorang pengunjung sempat mengabadikan vidio dan gambar terjangan ombak pantai selatan yang berdampak pada kerusakan di berbagai titik di Pantai Suwuk.

Jalan utama yang biasa digunakan pengunjung yang beralaskan  pavling blok, nampak sudah habis tergerus ombak. Sebagian lagi hilang terbawa arus. Bahkan kini hantaman ombak sudah mengenai ruko-ruko yang berada cukup jauh dari bibir pantai.

Saat dikunjungi wartawan metropuncaknews.com beberapa waktu lalu, kerusakan di Objek Wisata Pantai Suwuk belum separah saat itu. Namun, karena cuaca ekstrem dan gelombang besar yang terus menghantam dan menggerus bibir pantai, kerusakan meluas hingga menghabiskan jalan utama yg biasa digunakan wisatawan untuk berkeliling menikmati indahnya Pantai Suwuk.

Berbagai langkah antisipasi sudah dilakukan pihak pengelola Pantai Suwuk. Seperti Pintu Utama dikelola pemerintah daerah melalui Disparta Kabupaten Kebumen yang dipercayakan pada Yahyo.

Menurut Yahyo,seiring peringatan arus dan gelombang tinggi di sepanjang pantai Selatan atau Samudra Hindia oleh BMKG beberapa waktu lalu, pihaknya langsung instruksikan pada pemilik Ruko yang paling depan untuk sementara agar dikosongkan. Hal itu dipandang perlu untuk meminimalisir kerugian para pedagang.

“ Untuk beberapa hari ke depan, objek wisata Pantai Suwuk akan kita tutup untuk sementara sembari kita membereskan yang rusak dan menunggu cuaca kembali membaik dan aman untuk dikunjungi,” jelas Yahyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here