Obyek Wisata Dusun Bambu di Cisarua, Cimahi

Laporan : Yatiman

Cimahi, metropuncaknews.com – Obyek Wisata Dusun Bambu di Cisarua Kota Cimahi Jawa Barat, menawarkan pesona alam nan indah dan alami dengan nuansa pegunungan yang masih asri dan udara pegunungannya yang sejuk alami.

Objek Wisata Dusun Bambu yang ada di Cisarua Cimahi ini, merupakan objek wisata yang banyak dikunjungi wisatan. Baik wisatawan  lokal maupun luar daerah. Bahkan sudah banyak selama ini wisatawan asing yang berkunjung ke Dusun Bambu

Menurut Andri QE dan QC Manager yang bergabung sejak  12 Juli 2013, di Dusun Bambu ini menawarkan tempat untuk pengunjung pribadi ataupun keluarga. Selain itu, disediakan pula wahana-wahana permainan, tempat untuk berselfie  ria atau tempat makan. Karena di Dusun Bambu ada Burangrang Resto yang menyajikan berbagai menu makanan termasuk menu khas Nusantara.

Selain itu, Dusun Bambu menawarkan pula tempat makan di Pasar Khatulistiwa. Di tempat ini Dusun Bambu menawarkan dalam bentuk konsep Fast Food Lutung Kasarung dengan suasana makan di atas pohon. Purbasari dengan suasana makan di tepi danau. Kemudian,  ada juga tempat bermain untuk anak-anak. Ada di danau, Play Ground, Tegal Pangulinan dan kampung ulin. “ Juga pengunjung dapat menikmati suasa menginap di Villa Kampung Layung dan Eagle Camp,” jelas Andri.

Menurut Andri, Dusun Bambu mempunyai luas wisata 16 Hektare dan selebihnya masih 20 Hektare lagi yang belum di kelola. Ada pun tiket masuk perorang Rp.25.000. Namun,  tiket kunjungan ini dapat ditukar dengan bibit tanaman atau bibit bunga. Semua itu merupakan bentuk keterlibatan Dusun Bambu dalam penghijauan lingkungan.

Andri juga mengatakan, Dusun Bambu itu berawal dari Owner sebagai penggagas melalui obrolan kecil yang mencintai alam serta lingkungan yang natural. Secara kebetulan dulu habitat di sini ada tentang bambu didukung dengan lahan yang potensial. Sehingga dikembangkan area wisata Dusun Bambu sampai saat ini.

Kedepannya, masih kata Andri, di  Dusun Bambu ini akan ada sanggar yang akan menampilkan budaya-budaya daerah. Selain itu, akan ada Galeri yang semuanya All About Bambu dan untuk saat ini masih tahap  perencanaan dan pengerjaan. Namun semua itu diciptakan untuk berkembang dan untuk meningkatkan Dusun Bambu agar lebih baik lagi.

Kini, pihak pengelola terus mempromosikan Pesona Wisata Dusun Bambu. Baik melalui media cetak mau pun elektronik dan termasuk Sosmed. Hal itu dilakukan sebagai akses promosi ke semua segmen. Hingga masyarakat luas tahu dan menjadikan Dusun Bambu sebagai pilihan untuk berwisata serta menjadikan Dusun Bambu sebagai rumah ke dua bagi para wisatawan.

“ Untuk kedepannya kami akan menjadi pionir dalam Bisnis Wisata di Jawa Barat dengan prinsip 7 E, sebagai tolak ukur di dalam mengembangkan bisnis wisata di Jawa Barat. 7 E yaitu Ekologi, Etnologi, Ekonomi, Edukasi, Etnik, Estetik, Entertain, kata Andri sedikit berdiplomasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here