Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Kebakaran kembali terjadi di rumah singgah sampah di Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas, Selasa(30/7)sekitar pukul 01.30 WIB dini hari. Api diduga berasal dari seorang oknum warga yang memilah rongsokan sambil menyalakan api. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut keterangan Koordinator Rumah Singgah Sampah, Dede Ichsan mengatakan, api diketahui seorang karyawan hotel yang kebetulan berdekatan dengan titik api ditemukan.

Menurut saksi mata pada waktu dini hari itu terlihat api di dekat pembuangan sampah sementara. Kemudian merembet ke arah belakang rumah singgah hingga meluas ke mushola dan ruangan lainnya.

” Ada pun material yang terbakar berupa bangunan, arsip data kebersihan, alat-alat kebersihan, dispenser air, televisi, dan barang-barang lainnya,” paparnya saat dihubungi awak media.

Dede mengatakan, TPS tersebut dibangun sekitar tahun 2015 menghabiskan dana mencapai puluhan juta. Biaya tersebut didapat dari swadaya tim rumah singgah.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Sindanglaya, Brigadir Hamzah menambahkan, atas kejadian yang menimpa bangunan di wilayah Desa Sindanglaya ini, pihaknya turut prihatin. Walaupun dirinya saat dini hari belum berada di lokasi kejadian.

Baru sekitar pukul 04.00 subuh, ia langsung mengecek ke TKP.  Waktu malam hari itu kebetulan ada anggota patroli dari Polsek Pacet yang kemudian berusaha membantu memadamkan api bersama tim Damkar Cipanas. Api pun berhasil dipadamkan satu jam kemudian.
Selanjutnya Hamzah mengimbau pada warga untuk tetap berhati-hati dalam setiap kondisi. Apalagi ketika malam hari, jangan sampai lupa jika menyalakan api atau kegiatan lainnya. Karena kelalaian bisa menimbulkan kejadian yang tidak diharapkan.

” Semoga saja dari kejadian ini, khususnya rumah singgah sampah bisa diberikan ketabahan dan rezekinya lagi, walaupun bagaimana pengelola sampah ini sangat penting bagi kita semua,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here