Akub (75) salah satu Petani di Desa Sukadana (Korban penipuan) mendatangi Balai Penyuluhan Pertanian kec. Campaka. Foto : Zenal Mustari.

Laporan : Zenal Mustari

Cianjur, metropuncaknews.com —Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Campaka, M. Sahlan Fauzi. SP mengimbau petani atau kelompok tani agar berhati-hati. Pasalnya, kini ada berbagai modus penipuan yang mengatas namakan dari petugas BPP Campaka. Modusnya mereka akan memberikan bantuan unit traktor. Namun sebelumnya harus memberikan sejumlah uang untuk administrasi.

“ Korbannya sudah ada. Karena itu, kita imbau para petani agar tidak mudah percaya dengan modus penipuan seperti itu,” ujar Fauzi pada metropuncaknews.com belum lama ini.

Sahlan menegaskan, semua petugas tidak mungkin meminta uang ketika ada program bantuan dari dinas. Jika pun ada, itu sifatnya sukarela setelah barang diterima. Itu pun tidak sebesar Rp 3,6 juta.

” Tidak ada istilah harus ada uang buat pengurusan administrasi, lebih lagi nominalnya harus mencapai jutaan rupiah. Baiknya jagan mudah percaya kalau ada yang menjanjikan traktor yang mengatasnamakan petugas pertanian sebelum mengkordinasikan dengna pihak BPP dan penyuluh setempat,” katanya.

Akub, satu diantara petani di Desa Sukadana Kecamatan Campaka mengatakan, pihaknya pernah didatangi seseorang yang mengaku dari Dinas Pertanian. Ia meminta uang untuk administrasi pengurusan bantuan 1 unit traktor.

“ Sebetulnya tidak percaya sebab, dengan semua petugas PPL yang ada di Campaka ini saya kenal. Namun, entah karena apa lantas saya beri sejumlah uang yang mereka minta. Ya Aki kasihkan uang untuk urus administrasi itu seberar Rp 3,6 juta,” akunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here