Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Inah (53) penghuni gubuk reyot bersama keluarganya di Kampung Cijati RT01/03 Desa Mekarmulya Cikalongkulon Cianjur Jawa Barat, tak kuat membendung air matanya, saat gubuk reyotnya direhab oleh TNI dalam program TMMD Ke 107 Kodim 0608/CJR.

” Saya sangat bersyukur gubuk yang selama ini reyot, kini dibangun oleh bapak-bapak TNI dalam program TMMD,” kata Nenek Inah sembari menyeka air mata saking terharunya mendapatkan bantuan rehab rutilahu.

Berdasarkan informasi dilapangan, Nenek Inah tinggal menempati rumah reyod tersebut, bersama suaminya Ijon (60) seorang buruh tani (kuli serabutan), dua anaknya.  Kusnadi masih duduk di bangku SMP, dan kakaknya, sementara Iin Solihin yang sudah berkeluarga tinggal di Ciranjang.

Pekerjaan Ijon yang hanya sebagai buruh serabutan, keluarga tersebut tak mampu membangun rumah. Untuk kebutuhan sehari-hari pun tidak cukup. Bahkan tak jarang dibantu oleh tetangga dekatnya.

” Pengahasilan sebagai buruh tani itu masih jauh dari cukup untuk menutupi kebutuhan keluarga, saya juga sering dibantu sama tetangga,” aku Inah dengan mata yang masih berkaca-kaca.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Sukamulya, Dadang mengatakan, keberadaan TMMD ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.  Karena ini sudah diimpi-impikan sejak dulu oleh warga disini. Karena memang kondisinya sangat kurang baik ekonominya saat ini. Karena mayoritasnya hanya buruh tani dan kuli setabutan.

” Atas nama warga, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran TNI. Terutama Pak Dandim 0608/CJR Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani,” kata Dadang.

Lanjut Dadang, setelah adanya program TMMD ini bisa dirasakan dan menjadi penyemangat bekerja serta saling bantu berkehidupan sosial bermasyarakat. Dengan ini kedepannya masyarakat tidak terisolir lagi dan mudah-mudahan semua hasil bumi bisa diangkut dengan baik dan lancar.

” Beruntung untuk persiapannya, disini kebetulan ada Babinsa yang selalu berkoordinasi dan berhubungan baik, untuk mengajak masyarakat selalu bersama-sama,” tandasnya.

Diketahui terdapat empat unit rumah tidak layak huni yang akan diperbaiki melalui program TMMD Ke107 Kodim 0608/CJR di lokasi tersebut.

Selain rutilahu, ada sasaran tambahan rehab lainnya. Seperti satu unit Masjid berukuran 8×8 meter, satu unit MCK berukuran 2×3 meter, dan dua pos ronda berukuran 2×3 meter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here