Nah Lho, Pembangunan Sirkuit Di Cianjur Di Dukung Penuh Ketum IMI Pusat

0
43

Laporan : Bah Danni

Editor : YH

Jakarta, metropuncaknews.com – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung rencana Kejuaraan Nasional Slalom 2022 yang akan akan diselenggarakan di Terminal Pasir Hayam, Kabupaten Cianjur, pada 17 September 2022 mendatang.

Bahkan dirinya juga mendukung penuh rencana IMI Korwil Cianjur dibawah kepemimpinan Deni Sunarya untuk membuat sirkuit bertaraf nasional di Kabupaten Cianjur.

“Pembangunan sirkuit di Kabupaten Cianjur sudah didukung pemerintah Kabupaten Cianjur. Keberadaan sirkuit memiliki potensi yang menjanjikan, baik dari sisi ekonomi maupun dari sisi pembinaan atlet balap. Karena itu, swasta tidak perlu khawatir untuk turun terlibat dalam pembangunan sirkuit, karena potensi ekonominya sangat menjanjikan,” ujar Bamsoet usai menerima pengurus IMI Korwil Cianjur, di Jakarta, Jumat 9 September 2022.

Pada pertemuan itu, dari IMI Korwil Cianjur Deni Sunarya (Ketua IMI Korwil Cianjur), H. Toto (Bendahara), serta Dani Ramdhani (Kabid Prestasi) dan Komisi Medis IMI Pusat dr. Zainy Hamzah.

Ketua DPR RI ke – 20 sekaligus mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, selama ini walaupun para atlet balap di Kabupaten Cianjur hanya latihan dan menggelar kejuaraan balap di Terminal Pasir Hayam, namun hasilnya tetap menjanjikan. Dari Kabupaten Cianjur telah lahir berbagai atlet balap membanggakan kelas nasional.

“Antara lain Bangga Dewantara yang bukan hanya balap di tingkat nasional, tapi juga mengikuti Asia Talent di Malaysia. Serta Keiza, pembalap slalom yang sering menjuarai berbagai kejuaraan slalom, termasuk di level Kejurnas. Jika didukung keberadaan sirkuit, pasti akan lebih banyak lagi lahir atlet balap yang bisa membanggakan Cianjur sekaligus membanggakan Indonesia di taraf internasional,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, geliat pembangunan sirkuit di berbagai daerah yang dilakukan oleh para pengurus IMI, tidak lepas dari pengaruh Presiden Joko Widodo yang sukses membangun Sirkuit Internasional Mandalika.

Selain di Cianjur, di Provinsi Jambi yang telah memiliki sirkuit road race permanen pertama di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, kini juga sedang direncanakan membangun sirkuit baru di Kabupaten Batanghari, Jambi.

“Kehadiran sirkuit bisa memberikan multiplier effect economy yang signifikan bagi masyarakat sekitar. Karena setiap kegiatan balap, terutama untuk level Kejuaraan Nasional, akan mendatangkan perputaran ekonomi yang besar hingga miliaran rupiah. Sehingga atlet bisa latihan dengan nyaman sesuai kebutuhan, geliat ekonomi masyarakat juga bisa meningkat,” pungkas Bamsoet.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here