Laporan : Ace

Cianjur, metropuncaknews.com – Jajaran Muspika Warungkondang menggelar rapat kordinasi terkait rencana pembentukan Kampung Tangguh Covid-19, Hal tersebut dilakukan sebagai langkah dan upaya Muspika dalam menghadapi situasi dan kondisi ditengah merebahnya Covid-19. Meski kondisi di Kabupaten Cianjur sudah memasuki kebiasaan baru (News Normal),  Kamis (11/06).

Rapat kordinasi pembentukan Kampung Tangguh tersebut,  dilaksanakan di Kantor Desa Jambudipa dipimpin langsung Camat Warungkondang didampingi Kapolsek, Danramil, Kepala Desa dan para Ketua RT/RW.

Kapolsek Warungkondang Kompol Gito SH mengatakan, pihaknya  menindaklanjuti instruksi dari pimpinan sesuai kebijakan Kapolri. Yakni, seluruh wilayah Republik Indonesia harus berinisiatif membentuk Kampung Tangguh Nusantara. Hal itu dipandang perlu guna meliputi bidang sosial kesehatan, keamanan, sosial ekonomi kemudian tangguh di bidang kreatifitas lainnya.

” Untuk itu kami lakukan pertemuan dengan pemerintah Desa Jambudipa ini, untuk membentuk Kampung Tangguh Nusantara tersebut, tujuannya agar masyarakat tidak terfokus pada masalah antisipasi penyebaran Covid-19, tetapi juga memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan perekonomian dan kegiatan sosial lainya,” paparnya.

Kapolsek menambahkan, sesuai program Polri, setiap kecamatan di Kabupaten Cianjur harus membentuk Valid Projeck. Satu desa satu Kampung Tangguh. Nantinya akan dijadikan percontohan dan bisa ditiru oleh kampung kampung yang lain.

Sementara, Camat Warungkondang, Dra.Hj,Sukmawati menambahkan, pertemuan ini dilaksanakan sesuai arahan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (DPMD) Kabupaten Cianjur.

” Sesuai arahan Dinas PMD, disetiap Kecamatan Warungkondang dan Kecamatan lainya harus membentuk Kampung Tangguh Nusantara, tujuannya menggeliatkan kembali masyarakat di bidang perekonomian, kesehatan, sosial dan aktifitas lainnya,” tuturnya.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Desa Jambudipa Asep Abdullah, mengatakan, pihaknya merasa bangga. Karena telah mendapat penghargaan dari Kapolres Cianjur terkait penanganan Covid-19.
Dan sekarang dipercayakan Muspika Warungkondang  untuk menjalankan Program Kapolri terkait pembentukan Kampung Tangguh Nusantara.

Tentunya hal tersebut, merupakan kewajiban pihaknya untuk melaksanakan amanat dan perintah dari pimpinan. Untuk itu, Asep Abdullah menegaskan, pihaknya siap dalam melaksakannya. Diharapkan kedepannya bisa menjadi barometer bagi yang dipercayakan dalam pembentukan Kampung Tangguh Nusantara.

“ Dalam pelaksanaannya nanti akan diberi bimbingan dari DPMD Cianjur melalui Pemerintah Kecamatan Warungkondang untuk teknis pembentukan Kampung Tangguh tersebut,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here