Laporan :Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Pembangunan Gedung Rumah Edukasi Pemberdayaan ODGJ Kreatif (Repok), yang diberi nama Rumah Ceria Repok di Kampung Cibadak RT 02/08 Desa Sukamahi Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur, diresmikan Muspika Sukaresmi, Sabtu (06/03-2021). *esermian tersebut ditandai dengan dilakukannya peletakan batu pertama oleh Camat Sukaresmi.

Saat itu, nampak hadir Kapus UPTD Puskesmas Sukamahi, Kepala Desa, Sukamahi, Kubang , Cibanteng dan Kepala Desa Cikancana, Karang Taruna, Kader Posyamdu, Retana dan tokoh masyarakat setempat.

Camat Sukaresmi, Firman Edi, S.Ip (47) mengatakan, dengan dibangunnya gedung Rumah Ceria Repok untuk penampungan ODGJ yang sudah dianggap pulih, pihaknya memberi apresiasi. Karena selain sudah mampu menampung 12 orang ODGJ yang dianggap sudah pulih selama satu tahun juga sekaligus mampu membangun gedung Rumah Ceria Repok secara cepat dan mandiri.

Hal itu menandakan keseriusan pihak pengurus Rumah Ceria Repok Sukaresmi yang dibantu 4 lembaga desa. Diantaranya Desa Sukamahi, Kubang, Cibanteng dan Cikancana.

Pihaknya mengharapkan, program yang bagus tersebut, tidak hanya dilaksanakan dengan asal-asalan. “ Tapi harus eksis sesuai dengan harapkan semua pihak,” ucap Firman Edi pada awak media.

Sementara itu, Ketua Rumah Ceria Repok Sukaresmi, Rosini Amd. Kep (41) menambahkan, Pembangunan Gedung Rumah Ceria Repok dengan ukuran 10X6 meter, dibangun di lahan 100 meter. Nantinya akan digunakan untuk menampung para disabilitas ODGJ yang dianggap sudah pulih untuk dibina dan diberi pendidikan keterampilan.

Seperti halnya sekarang, pihaknya telah mengasuh disabilitas ODGJ yang dianggap sudah pulih sebanyak 12 orang yang ditampung di rumah milik orang lain (Ngontrak). Tiap hari diberi pembinaan mental, ngaji quran juga diberi pendidikan keterampilan kerajinan tangan. Seperti membuat sapu lidi, sapu injuk, kipas dari anyaman bambu (kipas), kamocemg dan kerajinan tangan lainnya.

Maka dengan itu, seluruh disabilitas ODGJ yang sudah dianggap pulih 12 orang tersebut, akan segera dipindahkan. Akan ditambah ODGJ yang sudah dianggap pulih dari Yayasan Rumah Pulih Jiwa Ciranjang. “ Karena gedung yang dibangun sekarang akan mampu menampung sebanyak 20 orang,” ucapnya.

Ketua Yayasan Rumah Pulih Jiwa Kecamatan Ciranjang, Rukman Samsudin (50) mengatakan, memang benar adanya bahwa Rumah Ceria Repok yang berdomisili di Kecamatan Sukaresmi, itu merupakan mitra kerja Rumah Pulih Jiwa Ciranjang.  

Karena ODGJ yang sudah dianggap pulih itu, seluruhnya  berasal dari Yayasan Rumah Pulih Jiwa yang telah mendapat perehaban. “Maka Dengan adanya Rumah Ceria Repok yang bergerak dalam edukasi, pembinaan dan pelatihan keterampilan, itu sangat membantu pihak Yayasan Rumah Pulih Jiwa, pihak keluarga ODGJ dan membantu semua pihak,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here