Reporter : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Harapan Mekar, Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang Cianjur Jawa Barat, memiliki hamparan sawah produktif seluas 337 Ha. Sawah tersebut digarap ratusan petani dan buruh tani yang aktif di 14 Kelompok Tani (Poktan).

Mereka ini, pada Kamis (28/03), menggelar acara panen raya di sawah seluas 25 Ha. Panen Raya tersebut, diawali pejabat Muspika Ciranjang, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Pertanian Ciranjang, PPL, POPT, Kepala  Desa Nanggalamekar dan diteruskan para petani lainnya.

Camat Ciranjang, Saepul Anwar mengatakan, pihanya mengapresiasi terhadap pelaksanaan Panen Raya di Kelompok Tani Mekar, Kampung Pasir Luhur, Desa Nanggalamekar,  yang berada di bawah naungan Gapoktan Harapan Mekar Desa Nanggalamekar.

Selain itu juga memberikan suport terhadap para petani yang telah mampu menanam padi sesuai pola tanam yang telah mengikuti arahan dan petunjuk dari para PPL serta Babinsa.

Hingga panen musim tanam 1 sekarang ini, hasilnya cukup mengembirakan para petani. Karena rata-rata per hektarnya mendapat penghasilan 7,2 ton per hektarnya.

“ Diharapkan kedepannya tanam padi  musim tanam 2 mampu mendapat pengahasilan yang cukup melimpah,” ucap Saepul Anwar.

Sementata itu, Kepala UPT Pelayanan Pertanian Ciranjang, Ida Rochida menambahkan, pada musim tanam 1 sekarang ini, seluruh petani yang ada di Kecamatan Ciranjang, rata-ratanya menanam padi dengan Varietas Mikonga, Infari 30 dan Varietas Ciherang. Hingga hasil panennya cukup memuaskan dengan rata-rata perhektarnya 7,2 sampai 7,4 ton.

Selain itu, pihaknya mengharapkan seluruh petani yang ada di Kecamatan Ciranjang, untuk menanam padi pada musim berikutnya mampu menanam padi dengan virietas yang berlabel dan tahan wereng. Seperti virietas Infari 30, Mikonga dan Varietas Ciherang.

“ Kami tidak mengharapkan  pada para petani tidak menanam padi dengan varietas yang sudah tidak tahan wereng, seperti halnya varietas IR 64,” ucap Ida Rochida.

Dilain pihak, Ketua Gapoktan Harapan Mekar Desa Nanggalamekar, Aceng Alawi menjelaskan, pihaknya mengaku memiliki 17 Poktan yang menggarap sawah seluas 337 ha.

Seluruh petani mayoritas menanam padi Varietas Infari 30, Mikonga dan Varietas Ciherang. Hingha akhirnya hasilnya memuaskan para petani. Hal itu dilakukan, mengikuti pentunjuk dan arahan dari pihak PPL Pertanian, Babinsa dan pihak Kecamatan Ciranjang.

“ Atas keberhasil para petani itu, kami ucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu para petani, utamanya pada pihak UPT Pelayanan Pertanian, PPL, TNI dan para kelompok tani yang mampu berkerja sama dengan baik,” kata Aceng pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here