Laporan : H. Rudi Salam

Cianjur, metropuncaknews.com – Gunamencegah  merebaknya virus Corona atau Covid 19, jajaran pejabat Muspika  Cilaku Kabupaten Cianjur bersatu padu melawan Corona. Sebagai langkah awal, Muspika Cilaku membentuk tim siaga. Tim ini bertugas menyosilisasikan pencegahan penyebaran virus Corona/Covid 19 pada masyarakat.

Selanjutnya tim yang dipimpin Camat Cilaku  Dadi Rustandi, SH, MH, melakukan penyemprotan Desinfektan di perkantoran dan tempat umum. Selain itu juga nelakukan pembinaan pada anak sekolah yang kedapatan berada di tempat umum dan tempat lainnya. Seperti tempat rental komputer.

Dalam kegiatan tesebut pihak kecamatan didampingi Polsek Cilaku, Koramil Kota, Kepala Puskesmas Cilaku beserta tim medis, Tim Percepatan Pembangunan, Retana Cilaku, Kasi Trantib Cilaku dan para kepala desa Sekecamatan Cilaku.

Dadi Rustandi pada awak media mengatakan, pihaknya sengaja mengandeng semua unsur Muspika, para Kepala Desa dan elemen lainnya. Diharpkan, dengan gencarnya sosialisasi, apa yang disarankan dan dianjurkan pemerintah pusat maupun daerah  dapat tersampaikan langsung pada masyarakat.

“ Mengingat masalah Covid 19 ini sudah masuk kategori darurat dan berbahaya,” ujarnya menegaskan.

Lanjutnya, memang pemerintah sudah mengumumkan  ditemukan obatnya dan sudah dicoba di 3 negara dan berhasil. Yaitu, jenis Avigan yang mempuyai kandungan Favipiravir yang biasa digunakan untuk mengahambat Virus RNA obat penyakit influenza dan Cloroquine mempunyai kandungan Chloroquine Phosphate yang biasa digunakan mengatasi infeksi parasit Amoeba obat penyakit malaria.                                      

Namun itu semua hanya untuk mengobati, bukan pencegah. Obat tersebutm menurut pemerintah tergolong obat keras dan harus dengan resep dokter untuk mendapatkannya.

Untuk itu masyarakat harus mengikuti petunjuk pemerintah pusat dan daerah. Yaitu dengan cara mengedepankan pencegahan. Seperti yang jauh sebelumnya dilakukakan saat virus corona ini diduga mulai menyebar terutama di Cianjur .                                     

“ Maka dengan memberikan pengetahuan pada masyakat tentang cara menyegah penyebaran Covid 19 serta apa yang harus dilakukan manakala ada masyarakat sudah terpapar Covid 19, ini sudah berarti ikut menyelamat keluarga dan masyarakat banyak,” jelas Dadi.

Sementara itu Polsek Cilaku  diwakili Iptu. Sunarta saat ditemui awak media mengatakan, pihaknya dan jajaran melaksanakan tugas sesuai perintah pimpinan. Selain itu, berdasarkan hasil koordinasi dengan Muspika Cilaku. Hingga didapat kata sepakat. Yaitu, masalah Covid 19 ini merupakan tanggung jawab semua pihak.

“ Karena itu, untuk melawan Covid 19 ini, harus bahu membahu dalam mengatasi pencegahan penyebarannya,” ujar Sunarta.

Lebih lanjut Sunarta mengatakan, jauh sebelunya pimpinan sudah mengintruksikan pada jajaran agar berperan aktif dalam pencegahan Covid 19. Salah satu caranya dengan melakukan penyemprotan Desinfektan di fasilitas fasilitas umun. Termasuk memberi penyuluhan, dan sweeping terhapa anak sekolah yang berkeliaran di tempat umum. “ Dengan membatasi kegiatan di luar rumah, ini akan dapat menghambat penyebaran Virus tersebut,” jelasnya.

Hal yang sama dilakukan pihak Koramil Kota melalui Babinsanya yang juga ikut aktif dalam mengajak masyarakat di wilayah kerjanya masing masing. Masyarakat diingatkan jangan panik. Namun harus  waspada terhadap merebaknya virus corona dan memberikan pengetahuan cara pencegahannya pada saudara dan tetangganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here