Laporan : Yatiman

Bandung, metropuncaknews – Kapolsek Baleendah Kompol Supriyono, SH gelar pertemuan Tiga (3) Pilar Muspika Baleendah,  Sabtu 28 Oktober 2018.

Kegiatan tersebut digelar di Gasebo Dalem Paseban Haryo Tirto Polsek Baleendah Polres Bandung. Hal itu digelar dalam rangka  menyikapi  situasi terkini. Kegiatan tersebut dihadiri Danramil, para Bhabinsa, para Bhabinkamtibmas, Camat  Baleendah, Kanit Pol PP Asep Tajudin  dan Sekdes Bojong Malaka, Rizki Kel.Wargamekar, Dadang dari Kel Jelekong, Ae Suryadi Kel Andir, para Lurah dan Kepala Desa Se kecamatan Baleendah .

Camat dalam sambutannya mengatakan, tingkatkan siskamling di masyarakat. Untuk semua pihak harus terus waspada. Karena seperti  permasalahan dari masyarakat Baleendah yang ada saat ini di antaranya, Anak Pang dan sampah. Dan perlu untuk sosialisasi pemilahan sampah dan pengelolaannya  Masyarakat hendaknya jangan buang sampah sembarangan. Apalagi sebentar lagi musim hujan.

Danramil dalam sambutannya mengatakan, 3 (Tiga) Pilar kebangsaan itu satu bentuk kekompakan yang sangat solid di tingkat Muspika. Yaitu Kapolsek, Koramil dan Camat. Dan sebagai garda terdepannya ya para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan lurah atau Kepala Desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di wilayahnya.

Karena itu perlu berbagai melalui program dan sosialisasi. Karena mereka sudah dibekali pemahaman. Termasuk didalamnya keamanan dan kenyamanan yang dijaga bersama dan untuk pencegahan dini segera laporkan jika ditemukan permasalahan-permasalahan agar dapat segera ditindak lanjuti. “ Mari kita jadikan tiga pilar ini menjadi  wadah mediasi dan silaturahmi,” kata Danramil.

Kapolsek dalam sambutannya mengatakan, prajurit yang cakap yaitu  Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang  bisa menjabarkan tugas yang diamanatkan  pimpinannya ke masyarakat. Khusunya ketika sosialisasi dan kondusifitas di wilayah Baleendah harus tetap aman dan  nyaman. Terutama menjelang Pileg dan Pilpres yang sudah dimulai kampanyenya beberapa waktu lalu dan akan berjalan selama 7 bulan ke depan  lebih lama dari biasanya.

Menurut Kapolsek, 3 Pilar di tingkat Muspika yaitu bersinerginya Camat, Kapolsek dan Danramil. Tidak kalah penting 5 (lima) Kelurahan dan 3(tiga) Desa bersama Babinkamtibmas Babinsa dan Lurah / Kepala Desa serta RT RW harus bisa mendeteksi lebih dini. Apa masalah yang ada di masyarakat sebelum segala sesuatu berkembang dan meluas menjadi permasalahan yang serius yang mengganggu Kamtibmas.

Baleendah harus kita jaga bersama agar tetap kondusif. Untuk itu Kapolsek sudah banyak melakukan berbagai  langkah dan terobosan. Seperti, silaturahmi dengan ulama dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat. Selain itu juga digelar Deklarasi Damai dengan Ormas, OKP, komunitas dan para Caleg.

Selain itu, Kapolsek juga sudah membentuk Forum Ormas yang tujuannya untuk terus menjaga silaturahmi di antara Ormas yang ada di Baleendah. Dengan harapan, ada kebersamaan dengan satu wadah dan seringnya bertemu  diharapkan semua Ormas, OKP juga ikut menjaga keamanan di wilayahnya. “ Terutama dalam menyikapi situasi terkini, jangan sampai rekan rekan mudah terprovokasi,” imbuh Kapolsek.

Dalam kesempatan itu Kapolsek juga menyikapi  LGBT yang saat ini menyebar di Medsos. Untuk  di wilayah Kec Baleendah, Kapolsek menghimbau  agar masyarakat lebih waspada dan bijak dalam bergaul baik di Medsos maupun di kegiatan sehari hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here