Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemkab Cianjur memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27. Kegiatan tersebut digelar di Taman Pancaniti Pendopo Cianjur, Senin (29/06).

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman mengatakan, keluarga adalah tempat pertama dalam membentuk karakter/akhlak seseorang. Karena itu, setiap keluarga yang mengajarkan akhlak kepada anak-anaknya akan menjadi harapan besar dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Cianjur khususnya umumnya dimanapun.

Lanjut Herman, dalam situasi pandemi sekarang ini, yang pembelajaran Iebih banyak dilakukan di rumah. ” Hal itu merupakan  kesempatan bagi para orang tua untuk menanamkan akhlak dan budi pekerti yang baik kepada anak-anak,” ujarnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Himam Haris mengatakan, pihaknya memprediksi angka kelahiran selama masa Pandemi Covid-19 meningkat di Cianjur.

” Faktor yang mendukung angka kelahiran meningkat adalah kekhawatiran warga untuk menggunakan akseptor KB implan dan jarum suntik selama masa Pandemi covid-19,” terang Himam.

Sementara, Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani menegaskan, pencanangan Program Keluarga Berencana Kesehatan (KB-Kes) bertujuan melakukan percepatan revitalisasi program Keluarga Berencana secara maksimal.

” Sekaligus upaya peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat di wilayah Cianjur,” kata Dandim usai peringatan Hari Keluarga Nasional ke-27, pencanangan KB Kesehatan Kodim 0608/Cianjur dan Bulan Bakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tahun 2020 di Pendopo Bupati Cianjur, Senin (29/6/2020).

Menurutnya, kegiatan KB Kesehatan bisa memotivasi masyarakat untuk mewujudkan keluarga sehat, berkualitas, tangguh, bahagia dan sejahtera.

” Disisi lain mampu menggerakkan berbagai instasi, LSM, tokoh agama, tokoh masyarakat dan institusi lainnya dari tingkat kabupaten, desa, kelurahan dan RT/RW,” ujar Rendra.

Terakhir Rendra juga mengungkapkan, kegiatan KB Kesehatan yang dilaksanakan serentak di seluruh Koramil dari Mei sampai Oktober 2020 nanti mendapat respon positif dari masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here