Pelaksaan Monev di Desa Padaluyu Kecamatan Cugenang.

Laporan : Shandi/Cece

Cianjur, metrropuncaknews.com – Kader PKK sekecamatan Cugenang mengikuti monev 10 program PKK tingkat desa, di Desa Padaluyu Kecamatan Cugenang, Selasa (23/7).

Hadir dalam monev tersebut, tim monev Kabupaten, tim monev Kecamatan cugenang, kepala UPTD Kecamatan cugenang, kepala desa sekecamatan Cugenang dan ketua tim penggerak PKK desa.

Selain itu turut hadir dari pemerintah desa antara lain BPD, LPM, alim ulama, tokoh masyarakat, tim penggerak PKK desa dan kader PKK Desa Padaluyu.

Acara dimulai dari pukul 14.00 WIB, setelah dilakukan pembukaan acara, dalam sambutannya, Camat Cugenang Selamet Riyadi, mengharapkan, tim monev Kabupaten, mau memberikan arahan kepada kader PKK yang ada di Kecamatan Cugenang.

“Saya berharap, tim PKK Kabupaten mau memberikan arahan-arahan Untuk memaksimalkan dan keberhasilan bekerja tim penggerak PKK beserta anggotanya yang ada di Kecamatan Cugenang ini,” ucapnya.

Ketua tim penggerak PKK Kecamatan Cugenang, Febriyanti Mardian, mengatakan, persiapan untuk kegiatan monev ini, sudah dilakukan dari sebelum bulan puasa (Ramadhan), jadi persiapannya sudah matang, dan yang dipilih untuk pelaksanaannya adalah Desa padaluyu.

“Dalam Halaman Asri Tertata Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK itu kan ada tanaman yang harus ditanam, di tata segala macam apa pun itu sudah ditanam dari sebelum puasa dan setelah lebaran menata administrasi-administrasi untuk kelengkapan sekretariat semua pokja-pokja yang ada di PKK,” katanya.

Lanjutnya, karena disini kan emang cuacanya sangat bagus untuk menanam. Saya mengajak kepada masyarakat supaya mau menanam tanaman-tanaman seperti apotek hidup disekitar rumahnya.

“Ajakan untuk menciptakan kawasan hijau ramah dengan lingkungan dan untuk mengurangi polusi udara tentunya yang sekarang ini di bumi kita ini sudah banyak sekali polusi. Nah, dengan memelihara tanaman minimalnya ada di halaman rumah sendiri, itu bisa mengurangi polusi dan Alhamdulillah saat ini sudah terlaksana,” tambahnya.

Sementara PKK-4 Kabupaten Yayah Saefullah S.Pd, mengatakan, pihaknya hanya mengarahkan, ketika ada produk-produk yang bagus, semisal pembuatan kripik tapi dengan kemasan yang sederhana, kami arahkan ke Industri perdagangan (Indag), untuk ijinnya kami arahkan ke Dinkes, label halalnya ke MUI dan untuk pemasaran kami juga punya Dekranasda.

“Produk-produk yang ada disetiap kecamatan yang memiliki ciri khas daerah masing-masing, sehingga bisa mengangkat nama daerah tersebut khususnya, umumnya Kabupaten Cianjur. Dengan adanya kerjasama yang bagus tentunya tidak bingung untuk pemasarannya.

Disinggung mengenai permodalannya, Yayah S S.Pd, menyampaikan, pemerintah desa, saat ini mempunyai anggaran Dana Desa yang nilainya sangat pantastis, jadi diharapkan bisa bersinergis antara penggerak PKK desa dengan pemdesnya.

“Dengan adanya anggaran tersebut kan bisa digunakan modal usaha, seperti halnya Bumdes untuk mengembang perekonomian masyarakat yang digawangi kader PKK ini,” tandasnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here