Miris, Jembatan Penghubung Antar Kabupaten Dibiarkan Rusak Bertahun-tahun

0
292

Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Ramai beredar video anak sekolah yang pulang pergi melintasi jembatan gantung sepanjang 100 meter dengan kondisi yang rusak parah di kampung Ciseureuh, Desa Cimaragang, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Diketahui arus aliran sungai di bawah jembatan tersebut mengalir sangat deras dan kayu-kayunya pun sudah lapuk, bahkan nyaris roboh. Sehingga dikhawatirkan ada yang terjatuh, kemudian terbawa arus sungai.

Keberadaan jembatan yang sudah sangat mengkhawatirkan itu, seolah dibiarkan begitu saja. Padahal jembatan tersebut merupakan akses penggerak roda perekonomian warga sekaligus penghubung menuju Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut.

Kepada wartawan, Camat Cidaun Herlan Iskandar mengatakan, kerusakan jembatan tersebut sudah dirasakan masyarakat selama bertahun-tahun, namun tak kunjung ada perbaikan.

“Rusaknya jembatan itu sudah bertahun-tahun adanya,” katanya, saat dihubungi via sambungan telepon, Selasa, 24 Januari 2022.

Ia menambahkan, kondisi jembatan yang digunakan masyarakat itu tergolong sangat membahayakan bagi pelintasnya. Namun karena tak ada akses lain, terpaksa hingga saat ini masih digunakan, karena hanya satu-satunya akses yang lebih dekat.

“Benar, tak ada akses lain selain jembatan itu. Sehingga masyarakat terpaksa masih menggunakannya untuk berbagai keperluan baik untuk bekerja maupun berangkat sekolah,” ucapnya.

Upaya yang dilakukan seperti mengajukan pembangunan, lanjut Camat, itu sudah dilakukan, baik ke Pemkab Cianjur maupun provinsi.

“Saat ini upaya yang dilakukan hanya alakadarnya saja dengan swadaya. Nah, terkait usulan pengajuan pembangunan jembatan sudah tembus ke kabupaten melalui PUPR Cianjur dan proposal ke DPRD serta Pemprov Jabar juga sudah masuk,” paparnya.

Ia berharap, dengan upaya yang dilakukannya itu segera ditindak lanjuti oleh pihak-pihak terkait.

“Memang, saat ini belum ada tindakan dari pihak manapun. Maka dari itu, saya atas nama masyarakat Cianjur selatan memohon kepada pemerintah melalui pihak-pihak terkait. Mohon ditanggapi, supaya masyarakat mendapatkan akses jalan yang layak,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here