Warga Desa Hegarmanah lakukan aksi unjuk rasa ke PT. Han Young

Laporan : Has

Cianjur, metropuncaknews.com – Merasa aspirasinya tak dibugris pihak perusahaan yang bergerak dibidang peralatan elektronik (PT Han Young N), warga Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu Cianjur, datangi kantor PT Han Young di Jalan Raya Jangari Desa Hegarmanah, Kamis (5/12).

Aksi unjuk rasa warga Desa Hegarmanah dan Forum Bela Warga Hegarmanah tersebut mendapat pengawalan yang ketat dari pihak kepolisian Sektor Sukaluyu dan Polres Cianjur.

Koordinator aksi Herman melalui Agus mengatakan, banyak hal yang merugikan warga Desa Hegarmanah. Bahkan, kesepakatan bersama antara warga Desa Hegarmanah dan PT Han Young tak direalisasikan seluruhnya.

Padahal, lanjut Agus, kesepatan bersama yang dibuat pada 5 Agustus 2018 itu disaksikan pejabat Muspika Sukaluyu. Antara lain, Kapolsek Sukaluyu yang saat itu dijabat AKP Gito, SH. Camat Sukaluyu Agus Supiandi dan Kepala Desa Hegarmanah Toni.

“ Namun nampaknya hal itu tak menjadi halangan bagi pihak PT Han Young untuk membodohi warga,” ujar Agus.

Adapun kesepakatan yang telah disepakati antara PT Han Young dengan warga Desa Hegarmanah adalah, 1. Perwakilan warga RW 02 mitra lelang perusahaan (limbah produksi, B 3, Kotor/area) memenuhi persyaratan perusahaan.

2. Perwakilan warga RW 02 mitra pengadaan tenaga kerja yang diperlukan PT Han Young dengan mengikuti peraturan/SOP perusahaan. 3. Menyediakan sarana air bersih untuk 3 RT yang terdekat dengan lokasi pabrik dan 4. Meberi CSR bagi warga.

“ Tapi sampai saat ini kami belum pernah menerima CSR dari pihak PT Han Young,” ucap Agus.

Karena itulah, warga melakukan aksi dan menuntut PT. Han Young merealisasikan janjinya sebagaimana yang telah disepakati dengan warga.

“ Terutama masalah tenaga kerja, kami mohon pihak perusahaan memprioritaskan warga Desa Hegarmanah,” ujar Agus.

Sementara aksi yang dilakukan warga sejak pagi sekira pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.35 belum mendapat respon dari pihak PT Han Young. Karena itu para pengunjukrasa menyatakan, jika aksinya tak mendapat tanggapan serius dari pihak PT Han Young, warga akan terus melakukan aksinya dengan massa yang lebih besar.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here